Ini Dia Sosok Badut Pengajar Warga Buta Huruf di Surabaya


sumber foto: liputan6.com
sumber foto: liputan6.com

Apa yang terlintas dalam fikirkan anda bila mendengar kata badut. Ya Badut, adalah sosok yang memoles wajahnya dengan bedak tebal, berpakaian unik serta fasih memperagakan berbagai mimik-mimik lucu yang selalu memberikan keceriaan bagi masyarakat terutama anak anak.

Namun apa jadinya, bila badut menjadi seorang pengajar?. Nah, inilah Harris Rizki pria asal Surabaya, Jawa Timur, yang rela mendandani dirinya menjadi seorang badut hanya untuk mendedikasikan hidupnya di sektor pendidikan untuk mengajari mereka yang buta huruf.

Dilansir dari liputan6.com, alasan Harris menggunakan pakaian badut saat mengajar ini supaya bisa menarik perhatian warga sehingga mau menerima materi yang disampaikan. Dengan begitu, warga bisa santai saat menerima pembelajaran yang diberikan olehnya.

“Kalau memakai pakaian badut kan supaya warga merasa dan nyaman menerima materi yang saya sampaikan,” ucap Harris.

Harris mengatakan, materi yang disampaikannya kepada warga berkenaan cara membaca dan menulis yang baik dan benar. Selain itu juga ada pemberian, materi yang paling dasar untuk membaca dan menulis adalah pengenalan huruf mulai dari A hingga Z.

Harris mengungkapkan kegiatan sosial yang dilakoninya ini dimulai sejak tahun 2015. Dirinya sangat tergerak dengan kondisi warga kampung yang masih banyak buta huruf padahal, dunia pendidikan saat ini terus maju dengan kecanggihan teknologi.

Kegiatan yang digelar Harris dengan cara berkeliling ke kampung kampung di Surabaya itu gratis. Biasanya, ‘sekolah baca tulis’ dibuka olehnya dua kali seminggu. “Dalam seminggu, biasanya saya lakukan satu sampai duakali ngajar tergantung persetujuan warga,” kata dia.

Luar biasa sekali kan upaya yang dilakukan oleh Harris ini. Patut diacungi jempol dong. Apalagi melek huruf merupakan dasar pengetahuan bagi manusia. Sebab dengan membaca manusia dapat meningkatkan kualitas dirinya yang berujung pada tingginya intelektualitas.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis


Ini Dia Sosok Badut Pengajar Warga Buta Huruf di Surabaya

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in