Polisi Jujur, Kembalikan Uang Dalam Jumlah Fantastis yang Terjatuh Dijalan


1517496938-picsay

Beberapa oknum kerap membuat citra polisi menjadi buruk dengan berbagai kasus dan pelanggaran. Belum lagi penilaian sebagian masyarakat yang memandang sinis seorang polisi. Namun beberapa waktu lalu seorang anggota polisi berhasil mengangkat kehormatan nama kepolisian dan menaikkan citra polisi di masyarakat.

Seorang anggota polisi bernama Aipda Muji Prihatin yang bertugas di Satlantas Polres Balikpapan, mengejutkan publik dengan ramainya pembicaraan mengenai dirinya, setelah mengembalikan sejumlah uang dengan nilai sangat besar kepada pemiliknya. Polisi ini juga menolak imbalan jasa dari pemilik uang tersebut.

Mendengar kejujuran anggotanya, Kapolda Kaltim Brigjen Pol Drs Priyo Widyanto, merasa sangat bangga dan berencana memberikan apresiasi tertinggi kepada anggotanya tersebut.

1517496645-picsay

Bagaiman tidak, kejujuran anggota polisi ini patut diacungi jempol, ia memilih mengembalikan sejumlah uang yang tertinggal dalam tas dipinggir jalan. Dan tak tanggung tanggung jumlah uang yang ia temukan senilai Rp 48 juta.

Kisah polisi jujur ini bermula, ketika ia sedang tugas jaga di Pos Polisi yang berlokasi di simpang 4 Dome Balikpapan. ketika itu sekitar pukul 11.30 Wita, setelah selesai menjalankan tugas rutin patroli, tak jauh dari pos nya berjaga, ia menemukan sebuah benda mencurigakan dalam berupa tas di jalanan.

Ia pun penasaran akan keberadaan tas yang mencurigakan tersebut, bahkan sempat berpikir tas itu berisi bom, yang sengaja ditinggalkan teroris demi mencelakai anggota kepolisian RI, seperti banyak peristiwa ahir ahir ini yang kerap menjadikan polisi sebagai target operasi para teroris.

Ia pun melakukan tindakan untuk mengidentifikasi benda tersebut, demi menghindari segala kemungkinan buruk yang bisa trjadi, ia pun menggunakan kayu panjang untuk menyentuh tas tersebut, lalu ia pukulkan perlahan untuk mengetahui bahwa isinya bukan sejenis benda keras. Lalu ia coba pukul lebih keras, dan ternyata rasanya lembek.

Ia pun mengambil kesimpulan, isi tas tersebut bukan lah bahan peledak, mungkin hanya sejumlah dokumen kertas biasa, ahirnya Muji mendekati tas tersebut, lalu membawanya ke pos jaga.

Namun ia belum sempat membuka apa isi tas tersebut, ketika Adzan dzuhur berkumandang, Muji pun mengabaikan tas tersebut dan menuju masjid untuk shalat berjamaah, ketika kembali, Tas tersebut masih ditempat semula, tergantung di motornya.

Muji kemudian membuka tas tersebut, dan seketika ia terperanjat dan reflek mengucap istighfar, ia benar benar terkejut menyaksikan isi tas tersebut, bagaiman tidak, tas tersebut penuh demgan tumpukan uang tunai yang tentu saja berjumlah sangat besar.

“Seketika saya tau bahwa ini ujian dari Allah, saya memang sedang butuh uang, tiba tiba menemukan uang seperti jatuh dari langit, tak ada yang mengetahui uang itu. Selain saya dan Allah ” ujarnya.

Namun seketika, nuraninya berkata uang ini bukan haknya dan hati kecilnya berkata ia harus mengembalikan uang ini kepada pemiliknya. Ia pun memeriksa kembali isi tas tersebut, dan seperti dugaannya, tak hanya sejumlah uang yang ada didalam tas, tetapi juga terdapat sejumlah dokumen bank.

Di sana ia mendapatkan petunjuk siapa pemilik uang ini, berupa nomor kontak yang bisa dihubungi, segera Aioda Muji langsung menghubungi nomor tersebut, belakangan diketahui pemilik uang tersebut bernama Sutarno.

1517496410-picsay

Muji pun menyatakan orang itu bisa mengambil uangnya, di rumahnya di Jalan Telaga RT 03, kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan.

Sesampai dirumah, polisi yang telah bertugas di Polres Balikpapan lebih dari 18 tahun ini, mendapat seorang pria tua, yang tak lain adalah pemilik uang telah menunggu diteras.

Ternyata berdasarkan keterangan pemilik uang, Sutarno. saat itu ia sedang buru-buru, hendak menyetor uang itu ke Bank. Tanpa sadar tasnya terjatuh ketika hendak naik mobil. Sebagai tanda terima kasih Sutarno berniat memberi si polisi jujur sejumlah uang senilai Rp 5 juta, namun lagi lagi Aipda Muji menolak. Ia takut pemberian tersebut akan merusak keikhlasannya.

Tak ayal aksi polisi jujur ini, membanggakan kapolda dan seluruh jajarannya, menurutnya kapolda seharusnya seluruh anggota polisi bisa bersikap jujur seperti Aipda Muji.

1517495995-picsay

Berkat peristiwa itu Aipda Muji Prihatin berkesempatan makan siang bersama Kapolda, pada Rabu (31/1/2018), di sebuah restoran di Jalan Ahmad Yani Balikpapan, Ia tampak senang atas undangan makan siang, bersama atasannya yang seorang jenderal polisi bintang 1 itu.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Comments are closed.

Polisi Jujur, Kembalikan Uang Dalam Jumlah Fantastis yang Terjatuh Dijalan

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in