Terungkap! Inilah Asal Usul Kuntilanak


Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama hantu satu ini. Kuntilanak adalah salah satu hantu paling populer di Indonesia. Kuntilanak khas dengan tertawanya, dan suka mencuri bayi. Kali ini saya telah merangkum dari beberapa sumber tentang hantu ini. Untuk kebenaranya kembali kepada diri masing masing, berikut ini ringkasan dari asal usul kuntilanak.

kuntilanak-according-to-an-indigo-170626c (1)

Wujud Dari Kuntilanak

Kuntilanak umumnya adalah seorang wanita, memiliki rambut panjang, berpakaian serba putih atau bahkan ada juga yang pernah melihatnya memakai pakaian yang serba merah, miliki mata yang menjorok hingga keluar. Konon asal mula kuntilanak ini berasal dari pulau Jawa, yang tepatnya di Alas Roban, namun ada versi lain yang mengatakan bahwa kuntilanak berasal dari pulau Kalimantan. Kemunculan dari kuntilanak ini sendiri sering ditandai dengan terdengar suara tertawanya yang terkekeh kekeh.

Sejarah

Berdasarkan cerita yang berasal dari pulau Kalimantan, tepatnya di Pontianak menurut ketarangan dari warga setempat menyatakan bahwa kuntilanak ini memang sengaja didatangkan. Tugas dari iblis wanita inilah yang bertujuan untuk menakut nakuti warga, hingga menculik bayi.

Suatu ketika bayi dari seorang permaisui di kerajaan diculik oleh kuntilanak karena marah akhirnya sang raja mengadakan sayembara, barang siapa yang bisa menangkap kuntilanak maka akan mendapatkan imbalan sekantong emas. Tak lama kemudian sesosok pria yang beriman berhasil menangkap kuntilanak ini. Konon asal usul nama Kuntilanak sendiri berasal dari bahasa Jawa yakti “kuntil” dan “anak” yang berarti mencuri anak.

Pocong-dan-Kuntilanak-Mainstream-9-Hantu-Indonesia-ini-Lebih-Seram-1-700x525

Ada Berbeda versi yang berasal dari Alas Roban yang berada di daerah Jawa. Dikutip dari japaradise.co, konon asal usul dari hantu kuntilanak ini mulanya ada seorang wanita Jawa yang diperkosa lalu dibunuh dan mayatnya di buang ke Alas Roban. Karena telah mati dibunuh arwah dari wanita tersebut bergentayangan dan bersumpah akan membunuh semua pria yang berbuat semena mena terhadap wanita. Hal ini pun diperkuat dengan adanya bukti bahwa ada sepasang sejoli yang bertali kasih di sebuah hutan, lalu tiba tiba muncul sesosok kuntilanak menakut nakuti pasangan tersebut baik sambil tertawa atau menangis kemudian menghilang begitu saja.

Cerita lainya dikutip dari juragancipir.com, yang konon kuntilanak bisa melahirkan anak didalam kubur. Kisah ini pernah terjadi pada seorang wanita melahirkan disebuah rumah di pinggir jalan. Lalu ada seorang bidan yang melintas di depan rumah tersebut dan ia menolongnya hingga proses persalinan, setelah itu ibu bidan pulang. Namun sesampai dirumah ibu bidan teringan bahwa gunting untuk memotong tali pusar tertinggal segeralah dia kembali. Setelah kembali kerumah wanita yang melahirkan tadi betapa kagetnya ibu bidan karena rumah miliki wanita bersalin tadi sudah tiada, melainkan hanya sebuah pemakaman umum, dan gunting yang digunakan memotong tali pusar tadi ternyata tegeletak di atas batu nisan.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Comments are closed.

Terungkap! Inilah Asal Usul Kuntilanak

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in