Ini Kakek Paling Kuat di Dunia, Umur 100 Tahun Masih Kuat Lari Maraton


Kakek berusia 100 tahun lebih masih kuat melakukan lari maraton. Ini bukan kisah fiksi. Tapi kisah nyata. Mungkin, kakek tersebut layak dinobatkan sebagai kakek paling kuat di dunia. Karena kalau melihat lazimnya orang yang telah berusia uzur, untuk jalan saja sudah susah.

Sumber gambar: Liputan6.com
Sumber gambar: Liputan6.com

Kakek kuat itu bernama, Fauja Singh. Dikutip dari buku, ” Kisah 1001 Peristiwa-peristiwa Gila di Dunia,” yang ditulis Agnimaya Laksmi, kakek Fuaja memang fenomenal. Di usianya yang sudah menginjak seabad lebih, stamina kakek Fauja tidak kalah dengan mereka yang lebih muda. Bahkan dengan mereka yang masih berusia remaja. Bagaimana tidak, dalam usia yang bisa dikatakan sangat-sangat uzur, kakek Fauja masih kuat bermaraton ria, kegiatan olahraga yang memerlukan stamina kuat dan prima.

Pada 2012, kakek Fauja mendaftarkan diri pada lomba maraton Edinburg. Ia jadi salah satu peserta lari. Bahkan, stamina tidak kalah dengan peserta yang usianya jauh lebih muda. Di lomba maraton itu, kakek Fauja jadi salah satu peserta tertua.

Kakek Fauja sendiri lahir pada 1 April 1911. Lelaki hebat asal Punjab, India ini memang suka olahraga lari. Olahraga maraton sendiri mulai digeluti serius, ketika ia pindah ke Inggris. Dan salah satu prestasi yang berhasil di torehkannya adalah saat dinobatkan jadi pemegang rekor dunia untuk pelari maraton untuk usia 90 tahun keatas. Rekor yang masih ia pegang hingga sekarang. Catatan waktunya, 5 jam 40 menit, yang sampai sekarang belum ada yang bisa menyaingi. Hebatnya lagi, tidak hanya di lomba maraton Edinburg, kakek Fauja ikut berpartisipasi. Tapi ia sudah ikut di lomba maraton serupa di berbagai negara, seperti Kanada dan Amerika Serikat.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Ini Kakek Paling Kuat di Dunia, Umur 100 Tahun Masih Kuat Lari Maraton

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in