Berani Coba Makanan-Makanan Jepang Yang Aneh dan Unik Ini?


Jepang memang tak pernah kehabisan hal unik dan aneh. Mulai dari tradisi kuno hingga budaya modern yang selalu bikin dunia internasional terheran-heran. Nah, bagaimana dengan kulinernya? Inilah beberapa makanan aneh dan unik yang bisa kamu coba di Jepang (kalau berani).

1. Labi-labi

Sumber: listverse.com
Sumber: listverse.com

Suppon (Pelodiscus sinensis) biasa kita sebut di Indonesia sebagai labi-labi. Kura-kura bertempurung lunak ini ternyata merupakan item kuliner yang sangat mahal di Jepang. Kalau ingin menikmati hidangan ini, kamu haru siap merogoh kocek sedalam 10,000 yen atau Rp1,2 juta-an. Makanan populer ini diklaim mampu meningkatkan energi, vitalitas, dan minyak hewan ini diklaim dapat menyembuhkan disfungsi ereksi pada pria.

Labi-labi biasanya diproses selagi hidup untuk diminum darahnya, langsung atau bersama sake. Agak menyeramkan memang. Dagingnya kemudian dicincang kecil-kecil dan dimasak dalam pot nabe untuk membuat sup kaldu suppon dan sayuran. Selain itu, labi-labi juga bisa dijadikan sup seafood, osengan, dan juga campuran ramen.

2. Es Krim Rasa Seafood

Sumber: listverse.com
Sumber: listverse.com

Apa yang kamu bayangkan jika mendengar gurita, cumi-cumi, tiram, dan kecap? Di Jepang, terutama di Hari Es Krim tiap tanggal 9 Mei, kamu bisa menemukan bahan-bahan aneh ini dalam semangkuk eskrim!

Di daerah Saitama kamu bisa menikmati es krim rasa belut, kepiting, dan gurita. Kalau kamu ke daerah Kumamoto dan Yamagata, kamu bisa menemukan es krim ubur-ubur. Dari kota Bizen, kamu bisa menemukan potongan tiram goreng dalam es krim kamu. Mau lebih aneh lagi, ada pula es krim ular, bir, wiski dan juga sirip hiu.

3. Lebah dan Larvanya

Sumber: listverse.com
Sumber: listverse.com

Di lereng-lereng hutan di pusat Jepang, lebah dan tawon dikumpulkan untuk dijadikan makanan. Hewan-hewan ini dipikat dengan gumpalan-gumpalan kecil daging yang sudah diikat dengan bendera putih kecil supaya pemburu lebah bisa melacaknya. Setelah sarangnya ditemukan, lebah-lebah itu kemudian diasapi hingga mabuk.

Untuk jenis tawon besar yang suka menyengat, bedanya tawon-tawon tersebut digiring ke sebuah wadah yang sudah diberi alkohol shochu dan dikurung hingga terjadi proses fermentasi. Hasilnya adalah jus tawon yang kaya protein dan vitamin C. Sementara itu larva atau telurnya dipanen dari sarangnya untuk dijadikan berbagai hidangan seperti sup dan tempura. Yum…

4. Sperma Ikan

Sumber: listverse.com
Sumber: listverse.com

Benda putih misterius diatas adalah shirako, yaitu hidangan dari kantong sperma ikan yang diisi cairan. Ikan yang digunakan biasanya ikan cod, salmon, anglerfish, ataupun ikan gumpal. Penyajian makanan ini beragam. Bisa digoreng dengan tepung, ditumis, atau dimasukkan dalam sup hot pot. Tapi Kalau kamu berani, shirako juga bisa dimakan mentah dengan daun bawang dan jeruk sitrus. Rasanya dikatakan sangat creamy, sedikit manis, dan agak seperti tahu. Makanan ini juga kaya nutrisi, lho. Shirako mengandung protein, potassium, vitamin B, dan kalsium.

Gimana? Kamu mau coba yang mana?

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Berani Coba Makanan-Makanan Jepang Yang Aneh dan Unik Ini?

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in