Sering Diabaikan, Ternyata Beginilah Hukumnya Menjawab Salam Orang Non-Muslim!


Jurnalis FinJ 98

Salam merupakan kalimat atau ucapan yang biasa digunakan oleh sesama umat muslim ketika bertemu. Hukum mengucapnya adalah sunnah dan hukum menjawabnya adalah wajib. Seperti yang telah disabdakan oleh Rasulullah Saw dalam sebuah hadisnya “Lima hal wajib bagi seorang muslim atas saudaranya: menjawab salam, mendoakan orang yang bersin, memenuhi undangan, menjenguk yang sakit dan mengantar jenazah.” (HR. Abu Hurairah).

Jika menjawab salam hukumnya adalah wajib, namun bagaimanakah dengan menjawab salam yang diucapkan oleh orang non muslim? Apakah kita juga diwajibkan untuk menjawab salam orang non muslim? “Jika seorang ahli kitab (yahudi dan nasrani) memberi salam kepada kalian, maka balaslah dengan ‘wa’alaikum’.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadis riwayat Bukhari dan Muslim diatas telah menjelaskan bahwasannya hukum menjawab salam orang non muslim adalah wajib. Namun hanya kalimat menjawabnya saja yang berbeda.

Allah Swt berfirman “Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya atau balaslah penghormatan itu dengan yang serupa.” QS. An-Nisa’ [4:86]

Jika kita menjawab salam dari sesama muslim, maka kita harus menjawabnya dengan kalimat “Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.” Namun jika kita menjawab salam dari orang non muslim, maka kita cukup menjawabnya dengan kalimat “wa’alaikum” saja.

Kesimpulannya, jika kita mendapati orang non muslim mengucapkan salam kepada kita (orang muslim) kita haruslah menjawabnya. Karna hukum menjawab salam adalah wajib. Kita haruslah menjawab salamnya dengan kalimat yang bebeda. Yaitu dengan kalimat “wa’alaikum.”

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Sering Diabaikan, Ternyata Beginilah Hukumnya Menjawab Salam Orang Non-Muslim!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in