Inilah Gunung yang Dimitoskan Bakal Membelah Pulau Jawa


Gunung Slamet, adalah salah satu gunung yang jadi favorit para pendaki. Gunung dengan tinggi 3.428 meter dari permukaan laut ini berada di Provinsi Jawa Tengah. Gunung Slamet, ternyata tidak hanya jadi gunung favorit para pencinta alam, tapi juga gunung yang anggap keramat.

Bahkan ada cerita mitos tentang gunung ini. Konon, menurut cerita mitos yang berkembang, jika Gunung Slamet meletus, kedahsyatan letusannya bakal melebihi dahsyatnya letusan Gunung Krakatau atau Tambora. Sejarah mencatatkan, letusan dua gunung, Tambora dan Krakatau bisa dikatakan terdahsyat di Indonesia.

Sumber gambar: Kompas.com
Sumber gambar: Kompas.com

Tapi menurut cerita mitos, letusan Gunung Slamet bakal lebih dahsyat lagi. Bila Slamet meletus, konon Pulau Jawa akan terbelah jadi dua. Benar atau tidak? Entahlah. Yang pasti, seperti itu cerita mitos yang berkembang. Gunung Slamet sendiri pernah meletus beberapa kali. Gunung ini tercatat pertama kali meletus pada tahun 1772
Tapi ketika itu, letusannya biasa saja. Terakhir gunung meletus pada tahun 2014.

Badan Geologi dan Geofisika sendiri menghimbau agar jangan mengkaitkan aktivitas gunung berapi, termasuk Gunung Slamet tentunya, dengan hal-hal yang berbau takhayul. Misal, dengan berita mitos letusan bakal membelah Pulau Jawa. Sebab hanya akan menambah kecemasan. Justru yang harus dibangun itu adalah kesadaran masyarakat untuk waspada terhadap segala potensi bencana alam. Termasuk soal gunung berapi.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Inilah Gunung yang Dimitoskan Bakal Membelah Pulau Jawa

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in