Awalnya Benci Adzan Subuh, Pria Bule Asal Skotlandia Ini Kemudian Jadi Mualaf


Hidayah dari Allah SWT, kerap datang tanpa diduga. Datang lewat hal-hal yang kadang tak terbayang. Bahkan dianggap sepele. Seperti yang dialami Andrew Collins Smith, lelaki kelahiran Skotlandia, yang kelak berganti nama menjadi Wahyu Soeparno Putro, setelah ia masuk Islam.

Dalam jagad hiburan, Dale setelah ganti nama, pernah jadi presenter. Wajahnya cukup sering wara-wiri di layar kaca. Ada kisah menarik dibalik keputusan Dale masuk Islam. Dikutip dari buku, ” Pintu Hidayah Para Mualaf yang Menakjubkan,” yang ditulis Rahmat Fadilah, pada tahun 1999, Dale datang ke Indonesia, tepatnya ke Yogyakarta, untuk berbisnis.

Sumber: hadila.co.id
Sumber: hadila.co.id

Di kota gudeg, awalnya Dale mengontrak rumah bersama teman-temannya. Sampai kemudian ia kenal dengan Soeparno, seorang satpam yang menawarinya tunggal di rumahnya. Dale pun kemudian tinggal di rumah Soeparno. Bahkan oleh Soeparno, Dale dianggap keluarga.

Di dekat rumah Soeparno, ada sebuah mesjid kecil. Dale, acapkali terganggu tidurnya, ketika terdengar kumandang adzan Subuh dari mesjid kecil itu. Tiap adzan Subuh berkumandang, Dale pasti terbangun. Dale sangat membenci suara adzan itu yang dirasakan menganggu istirahatnya. Tapi, setelah sekian lama, Dale menikmati kumandang adzan. Bahkan, ia biasa terbangun 5-10 menit sebelum adzan Subuh berkumandang. Dan, kian hari, ia merasakan ketenangan setiap mendengar adzan.

Dale pun kemudian mulai bertanya-tanya tentang agama Islam pada teman dan koleganya yang beragama Islam. Termasuk pada Soeparno. Saat puasa tiba, Dale juga ikut berpuasa. Sampai akhirnya ia memberanikan diri datang ke pengurus mesjid kecil itu untuk minta bimbingan tentang agama Islam. Oleh pengurus mesjid ia dikenalkan dengan Ustad Sigit. Ustad Sigit banyak memberi penjelasan tentang agama Islam. Dale makin tertarik.

Sampai akhirnya, Soeparno menyarankan Dale untuk masuk Islam. Dengan bimbingan Ustad Sigit, Dale mengungkapkan dua kalimat Syahadat, menjadi mualaf. Sekaligus saat itu juga ia ganti nama menjadi Wahyu Soeparno Putro.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Awalnya Benci Adzan Subuh, Pria Bule Asal Skotlandia Ini Kemudian Jadi Mualaf

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in