Kisah Pilu Gadis 18 tahun, Kabur dari Korea Utara dan ‘Dijual’ di China


750xauto-kisah-pilu-gadis-18-tahun-kabur-dari-korea-utara-dijual-di-china-1801119

Korea Utara merupakan sebuah negara yang sangat tertutup karena dipimpin oleh seorang yang otoriter. Sehingga banyak yang merasa begitu tertekan dan memutuskan untuk kabur ke negara tetangga. Joy adalah salah seorang warga yang memilih kabur dari negara itu. Kisahnya dituturkan di laman Liberty In North Korea.

726486-joy-korea-utara-

Dilansir dari brilio, Joy memutuskan untuk pergi ke China berharap kehidupan yang lebih baik. Joy bertemu seorang broker yang bisa membuatnya lolos dari petugas patroli perbatasan menyeberangi Sungai Tumen yang ketika itu dipenuhi salju. Joy menyeberang dengan cara merangkak sehingga banyak salju yang tertelan. Dia juga sempat tak merasakan kakinya selama beberapa saat.

Broker mengantarkan Joy ke sebuah rumah untuk dipertemukan dengan seorang broker lainnya. Namun, bantuan yang bisa diberikan broker kedua adalah menikahkan Joy dengan seorang pria warga negara China. Hanya itulah cara yang dianggap bisa membuat hidup Joy lebih terjamin. Broker dapat tips yang biasa disebut ‘biaya pengantin’ sedangkan Joy bisa hidup aman.

726484-joy-korea-utara-

Joy memulai hidup baru bersama suami warga China. Awalnya dia berniat pergi dari rumah setelah enam bulan. Namun, dia terlanjur hamil dua bulan setelah menikah. Joy terpaksa bertahan meski dia tak mencintai suaminya. Joy membesarkan anaknya hingga berumur dua tahun. Dia lantas bertemu lagi dengan broker kedua yang telah menjualnya kepada pria China itu. Broker menawarkan kehidupan baru Korea Selatan. Joy berpikir ini adalah kesempatan untuk hidup yang lebih layak. Dia pun memutuskan pergi. Anaknya yang berumur dua tahun itu ditinggalkan bersama ayahnya.

 

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Kisah Pilu Gadis 18 tahun, Kabur dari Korea Utara dan ‘Dijual’ di China

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in