Berani Coba 7 Makanan Unik dan Aneh dari Turki Ini?


Turki adalah negara yang unik, sebab negara ini memiliki hubungan langsung baik dengan Asia maupun Eropa. Sehingga kamu bisa menemukan berbagai peninggalan kebudayaan Persia, Romawi, Yunani, Ottoman, hingga Byzatium disini. Salah satu bangunan unik di turki adalah Hagia Sophia, yang merupakan bekas kuil Pagan, yang kemudian dijadikan gereja, lalu kini menjadi mesjid. Tapi tak hanya itu, Turki juga memiliki segudang makanan unik dan nyeneleh yang bisa kamu coba. Berikut 7 diantaranya.

1. Işkembe Çorbası

Işkembe Çorbası adalah sup babat atau kulit sapi. Memang tidak terlalu aneh bagi orang Indonesia. Namun sup ini lazimnya dikonsumsi orang setelah minum-minum di klub malam untuk mengatasi mabuk di pagi hari. Karena itu Işkembe Çorbası disajikan sebagai sarapa dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih dan lemon.

1.iskembe-corbasi-tarifi

2. Çiğ Köfte

Makanan ini adalah kombinasi dari daging domba atau sapi mentah dan bumbu serta dedaunan herbal yang digumalkan bersama-sama. Lalu diberi perasan jus lemon dan dibungkus dengan daun selada, bulgur (olahan gandum) yang dicincang, bawang bombay dan pasta tomat sebagai cocolan. Meski banyak yang khawatir soal nilai kesehatan memakan daging mentah, namun makanan ini tetap disantap sebagai cemilan atau makanan pembuka.

2.orig_8552

3. Çilbir

Diambil dari resep asli dapur Kekaisaran Ottoman, Çilbir adalah makanan yang pas buat menghangatkan diri atau saat sedang masa penyembuhan. Dibuat dari telur yang dicampur dengan yogurt serta paprika, menghasilkan hidangan dengan cita rasa yang lezat. Dalam versi lain juga ditambahkan saus bawang putih atau mentega cair yang disiram diatasnya.

3.cilbir-tarifi

4. Tavuk Göğsü

Makanan ini disajikan sebagai pencuci mulut. Daging ayam yang biasa kita jadikan hidangan yang gurih, kali ini direbus dan disajikan dengan campuran krim, tepung beras dan susu, ditambah taburan bubuk kayu manis. Walau kedengaran aneh, tapi resep ini sudah ada sejak jaman Ottoman.

4.tavukgogusu-56a993d43df78cf772a87bfe

5. Islak Burger (Burger Basah)

Burger basah adalah jajanan pinggir jalan yang populer di kawasan Taksim di Istanbul, Turki. Burger ini disiapkan dengan tomat, minyak, dan saus bawang putih kemudian ditempatkan di kabinet pajangan kaca yang diuapi. Harganya juga sangat murah yaitu antara 2-5,5 lira atau Rp7-20 ribu saja.

SONY DSC

6. Kokoreç

Makanan berpenampilan ‘unik’ ini adalah usus yang diisi dengan jeroan yang diberi bumbu, lalu dipanggang seperti kebab. Setelah matang, Kokoreç dipotong-potong dan disajikan dalam kulit döner atau dijadikan roti lapis dengan sayuran seperti selada dan tomat.

6.a-different-turkish-meal-kokorec-3-1024x768

7. Koç Yumurtasi

Makanan ini mungkin yang paling ekstrem dalam daftar ini. Koç Yumurtasi adalah makanan yang biasa dikonsumsi saat perayaan agama Kurban Bayram. Dari hewan yang disembelih nggak cuma dagingnya saja yang dibagikan kepada keluarga dan orang kurang mampu, tapi teskiel alias bola kemaluan si hewan juga dimanfaatkan agar tidak mubazir. Ya, Koç Yumurtasi adalah bola kemaluan yang dimasak menjadi berbagai hidangan lezat.

7.Koç-Yumurtası-1024x683

Wah, unik-unik, ya. Kamu berani coba?

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Berani Coba 7 Makanan Unik dan Aneh dari Turki Ini?

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in