Indonesia Unik: Lompat Batu Bawomataluo, Tradisi Persiapan Sebelum Perang


Lompat batu

Pulau Nias, ketika mendengar tentang pulau ini disebutkan, di benak orang kebanyakan akan tergambar, satu tradisi budaya yang telah terkenal hingga mancanegara, Lompat batu.

Ada beberapa desa yang tetap menjaga kelestarian tradisi unik ini, salah satunya Desa Bawomataluo. Masyarakat sekitar juga menyebut tradisi ini sebagai “Hombo Batu” atau Fahombo.”

Desa Bawomataluo sendiri berarti sebua bukit matahari, hal ini disebabkan para warga dan wisatawan yang berkunjung dapat melihat langsung keindahan sunrise dan sunset.

Fahombo merupakan tradisi yang muncul karena kebiasaan berperang antar-desa di masa silam, setiap desa biasanya akan membentengi wilayahnya dengan tumpukan batu atau bambu setinggi dua meter.

Hal itu mengharuskan para pejuang untuk bisa melompati tumpukan batu atau bambu agar bisa melewati pertahanan lawan, oleh karena itu tradisi lompat batu lahir dan dilakukan sebagai sebuah persiapan sebelum para pejuang pergi untuk berperang.

Lompat batu1

Tradisi Fahombo telah diwariskan secara turun-temurun di setiap generasi dari ayah kepada anak laki-lakinya. Namun pada kenyataannya, tidak semua pemuda Nias dapat melakukannya meskipun mereka sudah berlatih.

Sebelum abad 20-an, tradisi ini sudah semakin terkenal karena gambar tradisi ini dijadikan gambar uang pecahan seribu rupiah. Mungkin sekarang hanya anak generasi 90-an atau yang lebih tua yang masih ingat akan bentuk nominal seribu rupiah yang lama, sebelum diganti dengan gambar pahlawan nasional Pattimura.

Setelah sekian lama tradisi ini masih menjadi daya tarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang ingin melihat langsung tradisi Fahombo di Pulau Nias.

Lompat batu2

Para wisatawan akan terkejut dan kagum melihat beberapa pemuda mengenakan pakaian adat Pulau Nias dengan gagah melompati batu setinggi kurang lebih dua meter tanpa alat bantu apapun.

Sudah menjadi tugas kita sebagai anak bangsa untuk terus menjaga seni dan budaya kita agar tetap terjaga dan terkenal di manca negara. Selain tradisi kita akan terjaga dan tidak diklaim oleh negara lain, daya tarik wisatawan baik domestik maupun manca negara akan menambah penghasilan bagi bangsa Indonesia.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Indonesia Unik: Lompat Batu Bawomataluo, Tradisi Persiapan Sebelum Perang

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in