Ditemukan Mainan Kuno Berusia 4.500 Tahun, Bentuknya Menyeramkan


Tim arkeolog kembali beruntung saat menemukan benda kuno lagi, kali ini benda tersebut adalah sebuah mainan yang diperkirakan berusia 4500 tahun. Seperti dilansir dari Liputan6.com Mainan kuno itu ditemukan di lahan pemakaman Itkol II di Republic of Khakassia, Siberia bagian selatan.

Screenshot_14

Salah satu bentuk mainan kuno tersebut bisa dikatakan menyeramkan dan aneh, salah satu mainan yang ditemukan adalah menyerupai kepala hewan yang tak dikenali. Mainan lainnya yang ditemukan adalah boneka dengan membentuk wajah manusia.

Figur dari mainan kuno berupa wajah boneka itu terbuat dari soapstone, yang merupakan bebatuan lembut berbahan dasar talk. Yang lain, Dikatakan bahwasannya figur mainan berupa kepala hewan terbuat dari tanduk hewan.

Screenshot_15

Para ahli masih belum mengenali dan tidak tahu persis bentuk hewan apa yang menginspirasi mainan tersebut dibuat, dugaan bahwa hewan itu adalah hewan mitos.

Ditemukannya mainan kuno ini tepat di pemakaman mendiang anak yang diduga dari kelas ‘biasa’, bukan dari kelas elit. Namun, penemuan mainan kuno ini bukanlah dikatakan sebagai mainan terkuno. Meskipun begitu, tetap saja mainan ini menjadi penemuan yang menarik dan layak untuk diteliti.

Diantara penemuan mainan terkuno di tempat lain adalah patung dewa Pagan kecil  yang tertangkap saat seseorang tengah memancing di sungai siberia. patung dewa dengan motif semacam figur dewa itu diduga sebagai mainan serta alat untuk menangkal roh-roh jahat.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis


Ditemukan Mainan Kuno Berusia 4.500 Tahun, Bentuknya Menyeramkan

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in