6 Hal yang dapat Menekan Budget Selama Traveling ke Turki


Traveling ke Turki merupakan idaman sebagian besar orang. Untuk menjelajahi tempat yang dijuluki Konstantinopel ini banyak asumsi bahwa sulitnya untuk masuk ke Turki, banyaknya isu-isu tentang Turki bahwa negara ini tidak aman, ada lagi berasumsi bahwa mengunjungi negara ini harus mengeluarkan budget yang relatif mahal. Asumsi-asumsi tersebut tidak benar adanya, negara ini aman untuk dikunjungi, relatif murah, dan untuk masuk ke Turki hanya menggunakan e-visa atau VOA. Berikut 7 hal yang dapat menekan budget selama traveling ke Turki:

1. Tiket Pesawat

Dari Indonesia untuk menuju Istanbul ada banyak cara, kenapa Istanbul? karena penerbangan international banyaknya tujuan ke kota Istanbul dibanding kota-kota lainnya. Penerbangan bisa dari jakarta langsung ke Istanbul, transit terlebih dahulu ke negara lain, tergantung dari tiket promo ya ng di dapat.

Untuk mendapatkan visa Turki itu relatif mudah. Ada dua jenis visa yang digunakan yaitu Visa On Arrival (VOA) yang pembuatannya pada saat tiba di bandara tujuan, dan e-visa dibuat hanya melalui website dan pembayarannya menggunakan kartu kredit. Saya merekomendasikan sebaiknya menggunakan e-visa, karena mudah, tidak perlu mengantri VOA di bandara, dan lebih murah yaitu biaya visa USD 25 dan biaya servis USD 0.70. E-visa tersebut bersifat single entry yang artinya hanya dapat digunakan hanya satu kali kunjungan dengan waktu maksimum 30 hari. Setelah e-visa jadi, tinggal di print dan dilampirkan bersama paspor.

3. Penginapan (Hotel/Hostel/Apartemen)

Penginapan di Turki cenderung murah, untuk lokasi yang berada di touristy seperti daerah Sultan Ahmed, harganya masih berkisar +/- IDR 100.000 dan ada juga di bawah harga tersebut, tergantung style dan budget travel masing-masing. Jika traveling bersama keluarga juga dapat menggunakan apartemen atau hotel yang lebih luas dan harganya juga masih terjangkau.

4. Transportasi

Ada banyak pilihan transportasi yang dapat digunakan di Turki, jika pergi berkelompok dapat menyewa mobil van atau minibus dengan harga relatif terjangkau. Jika ingin lebih murah dan merasakan transportasi umum juga banyak pilihan yaitu tram, metro, bus, dan fery. Menggunakan transportasi umum di Istanbul sebaiknya membeli Istanbulkart yang dapat digunakan untuk menaiki kendaraan umum selama di Istanbul dan dapat di top up atau diisi kembali jika saldo di Istanbulkart sudah habis. Istanbulkart juga dapat digunakan untuk lebih dari satu orang.

5. Biaya Masuk Tempat Wisata

Di Turki banyak sekali tempat wisata yang harus didatangi, untuk menghemat pengeluaran selama mengunjungi tempat wisata dengan cara membeli musem pass, harganya TL 85 dapat digunakan ke Istana Topkapi, Hagia Sophia, Harem, Archeological Museum,Museum of Turkish and Islamic Arts, Istanbul Mosaic Museum, dan Museum Chora, dan Ephesus.  Keuntungan menggunakan museum pass ini selain murah juga dapat menghemat waktu karena tidak perlu mengantri lagi.

6. Makanan

Harga makanan di Turki standar, yaitu rata-rata IDR 60.000 dan porsinya besar sekali. Untuk 1 porsi dapat dinikmati oleh 2 orang Indonesia yang ukuran makannya normal atau 2 porsi untuk ber 3. Dengan cara ini juga dapat menghemat pengeluaran.

Tulisan ini bertujuan mengubah mindset orang tentang jalan-jalan ke luar negeri itu mahal. Kunci utama agar dapat menikmati indahnya dunia ialah bermimpi, lalu mencari tahu informasi seluk beluk tempat tujuan lalu menabung.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis


6 Hal yang dapat Menekan Budget Selama Traveling ke Turki

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in