Waw! Ternyata Gunung Ini Terlahir Kembar Layaknya Manusia


_20170317_092520

Gunung merupakan tanah berundak yang sangat penting keberadaannya dimuka bumi. Dia adalah penyeimbang sistem kehidupan. Selain itu, gunung sangat penting sebagai tempat berlangsungnya ekosistem. Seperti halnya di Indonesia, gunung pun merupakan tempat sakral yang sebagian besar dilindungi oleh adat-istiadat masyarakat sekitar.

Lahirnya sebuah gunung, itu diakibatkan oleh beberapa faktor. Baik disebabkan oleh terlipatnya lapisan permukaan tanah, ataupun karena magma yang menerobos permukaan bumi. Dari sekian yang lahir dan tumbuh, banyak yang tak menyangkal bahwa sebuah gunung pun dapat lahir secara kembar layaknya manusia.

Seperti yang terjadi pada Gunung Sundoro dan Gunung Sumbing di Jawa Tengah. _20170317_213410

Kedua gunung ini terlahir secara bersamaan. Lahirnya kedua gunung tersebut diakibatkan oleh retakan tanah pada jalur yg sama, sehingga magma keluar dan membentuk sebuah gunung api yang serupa. Yang lebih meyakinkan bahwa gunung ini kembar adalah jarak dari kedua gunung tersebut sangatlah berdampingan.

Gunung Sundoro dan Gunung Sumbing adalah gunung api aktif. Keduanya memiliki tinggi masing-masing diatas +3000 meter diatas muka laut, sangat menjulang menembus awan. Untuk melihat kedua gunung ini direkomendasikan dari Gunung Perahu, Dieng, atau di Bukit Sikunir, Dieng, Jawa Tengah. Akan terlihat kedua gunung tersebut yang mempesona memanjakan mata.

Kedua gunung ini memiliki karakter yang berbeda meski tumbuh secara bersamaan. Gunung Sumbing misalnya, bentuk dari puncak gunung ini terlihat sumbing atau hancur karena letusannya yang terjadi sekitar tahun 1600 M. Sehingga, terlihat gunung ini unik. Berbeda halnya dengan Gunung Sundoro. Meski pernah terjadi letusan besat pada masa kerajaan di Nusantata, Gunung Sundoro masih terlihat mengerucut sempurna.

_20170317_092450

Awan mengalun rendah menutupi daratan rendah dan hanya menampakan tanah puncak yang begitu mempesona. Ketika matahari mulai meninggi, cahaya emasnya lalu menampar kedua puncak tersebut. Orang-orang lalu memandang keindahan itu dengan berbagai tanggapan dan perbincangan. Baik yang selengean ataupun yang berbobot terdengar dari bibir mereka.

Gunung Sundoro dan Gunung Sumbing, dua gunung api aktif yang berbeda namun sama. Kedua gunung ini tumbuh di tanah yang subur. Menjadi polemik hangat di masyarakat sekitar tentang gunung kembar yang tumbuh di Tanah Jawa.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Waw! Ternyata Gunung Ini Terlahir Kembar Layaknya Manusia

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in