Ada Pelatih dan Pemain Liverpool Nonton Barcelona Main. Untuk Apa?


Ada pemandangan yang “menganggu mata” di tribun stadion Nou Campa tatkala FC Barcelona menghadapi tim Jerman, Borussia Monchengladbach pada pertandingan terakhir Grup C Liga Champions, Rabu (7/12/2016) dini hari tadi. Pemandangan itu adalah hadirnya pelatih Liverpool, Juergen Klopp. Bahkan, Klopp tidak sendirian. Dia didampingi staf pelatih dan beberapa pemain utama Liverpool untuk menyaksikan pertandingan tersebut.

Beberapa pemain Liverpool yang ikut duduk manis di tribun Nou Camp itu yakni kapten tim Jordan Henderson, pemain senior James Milner, dan Lucas Leiva. Lalu Roberto Firmino, Adam Lallana, Georginio Wijnaldum, Ragnar Klavan, Alberto Moreno, Nathaniel Clyne, Joe Gomez, dan Divock Origi. Juga ada staf pelatih Peter Krwaletz. Hadirnya pelatih dan pemain Liverpool bahkan diumumkan oleh FC Barcelona.

Jurgen Klopp and the @LFC squad are at Camp Nou to see #FCBBorussia in the #UCL #FCBlive,’ begitu bunyi twit di akun twitter Barcelona.

Dalam foto-foto yang diunggah oleh media terkenal Inggris, Daily Mail, Klopp terlihat sangat serius mengamati pertandingan. Sebuah foto juga memperlihatkan Klopp berbincang dengan mantan kapten tim Borussia Dortmund (klub yang pernah dilatih Klopp), Sebastian Kehl yang kini pensiun dari sepak bola.

Bila Klopp serius, anak buahnya terlihat rileks. Lucas Leiva nampak asyik berselfie dengan ponselnya. Sementara Adam Llana terlihat tengah menggigit apel merah sembari menyaksikan pertandingan yang berakhir 4-0 untuk Barcelona itu.

Merujuk pada fakta Liverpool musim ini tidak bermain di Liga Champions, kemunculan Klopp dan anak buahnya di Nou Camp, terbilang aneh. Aneh mengingat LIverpool musim ini tidak bermain di Liga Champions. Andai Liverpool main di Liga Champions dan ada kemungkinan bertemu Barcelona di perempat final, tentunya masih masuk akal bila pelatih asal Jerman itu mengintip permainan Barcelona yang jadi salah satu unggulan juara Liga Champions musim ini. Lalu, untuk apa Klopp dan pemain-pemain nya menyaksikan Fc Barcelona?

Menurut ulasan, Daily Mail, kedatangan Klopp dan timnya ke Barcelona itu sebagai bagian relaksasi di tengah padatnya latihan dan jadwal pertandingan Liga Inggris. Akhir pekan ini, Liverpool akan menghadapi West Ham United di Anfield. Apalagi, pekan lalu, Liverpool yang sempat unggul 3-1, kalah 3-4 dari Bournemouth. Imbasnya, Liverpool yang pada tiga pekan lalu memimpin klasemen Liga Inggris, kini melorot di posisi tiga.

Tetapi, dalam sebuah ulasan yang pernah diterbitkan media Jerman, Klopp dari dulu memang mengagumi permainan Barcelona dan juga semangat tanding pemain-pemainnya. Bahkan, semasa dia masih melatih klub Mainz 05, dia seringkali mengajak pemain-pemainnya menyaksikan permainan klub juara Liga Champions 1992, 2006, 2009, 2011 dan 2015 itu.

Klopp dan pemain-pemainnya langsung kembali ke Liverpool seusia pertandingan untuk bersiap menghadapi pertandingan Liga Inggris. Kabar bagusnya, bek tengah Joel Matip yang cedera engkel, sudah pulih dan siap bermain melawan West Ham United.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Ada Pelatih dan Pemain Liverpool Nonton Barcelona Main. Untuk Apa?

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in