Mendengarkan Musik Ini Bisa Picu Seks Dini Pada Remaja


indianexpress.com
indianexpress.com

Hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Texas mengungkapkan hal yang mengejutkan. Dilansir dari indianexpress.com (01/03/16), survey yang dilakukan terhadap 443 pelajar SMP kelas 1 menunjukkan bahwa mereka yang mendengarkan musik rap selama lebih dari 3 jam setiap harinya cenderung terlibat dalam perilaku seksual lebih dini dibanding teman sebayanya yang tidak mendengarkan musik rap.

Kimberly Johnson-Baker, salah satu peneliti menjelaskan bahwa perilaku ini disebabkan mendengarkan musik rap berpengaruh terhadap kepercayaan mereka terhadap apa yang sedang dilakukan oleh teman sebayanya. Ketika mereka mendengarkan lirik lagu yang secara eksplisit menjelaskan perilaku seks, mereka akan mengornfirmasi kepada temannya apakah perilaku yang ada di lirik memang sesuai dengan kondisi di sekitarnya.

Jika banyak teman yang membenarkan, maka berdasarkan hasil penelitian, dua tahun kemudian para pelajar yang disurvey ini 2,6 kali cenderung melakukan hubungan seks saat ia kelas 3. Para peneliti menekankan betapa pentingnya persepsi perilaku teman mereka terhadap kehidupan remaja.

Fase remaja memang menjadi tahapan kritis bagi anak-anak. Karena biasanya momen itulah mereka sedang mencari jati diri. Tak heran kita sering mendengar banyak remaja yang berperilaku negatif karena ikut-ikutan temannya.

Karena itulah peran orangtua sangat dibutuhkan untuk meluruskan apa yang mereka dengar lewat lirik-lirik eksplisit yang seringkali terdengar lewat lagu rap dibanding genre musik lainnya. Orangtua juga harus menjelaskan tentang perilaku seksual sehingga anak-anak tidak salah jalan.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis


Like it? Share with your friends!

1
1 points
What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
2
Love

Mendengarkan Musik Ini Bisa Picu Seks Dini Pada Remaja

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in