Gimana Sih Caranya Menghasilkan Uang dari Blog?


download

Untuk postingan kali ini saya ingin secara khusus membahas mengenai cara menghasilkan uang dari blog secara detail dengan harapan bisa memberikan sedikit pencerahan bagi sobat yang ingin belajar menghasilkan uang dari blog.

Karena postingan ini lumayan panjang jadi saya sangat menyarankan agar sobat menyiapkan terlebih dahulu segelas kopi dan cemilan supaya nanti nggak ngantuk di tengah jalan.

Jika sudah siap, silakan dilanjut…

kang dadi emang sudah pernah dapet uang dari blog?

Jika sobat baru pertama kali berkunjung ke blog ini mungkin di dalam hati sobat sedang bertanya-tanya:

Ini orang siapa ya bikin artikel kayak gini, apakah dirinya sudah pernah menghasilkan uang dari blog, atau jangan-jangan cuma asal nulis untuk menyesatkan orang?

Jawabannya, NGGAK, sayang nggak ada niat untuk menyesatkan orang.

Alasan kenapa saya menulis postingan ini tentunya karena saya sudah memiliki pengalaman menghasilkan uang dari blog dan saya ingin berbagi pengalaman tersebut kepada pembaca blog ini.

Saya sudah mengenal blog sejak tahun 2010, dan sudah mulai bisa menghasilkan uang dari blog sejak awal tahun 2013.

Nah sampai sekarang blog lah yang menjadi sumber penghasilan utama saya.

Meskipun saya pribadi hanyalah seorang tamatan SMP, tapi Alhamdulillah hanya dengan blog penghasilan yang saya dapatkan nggak kalah dari gaji seorang PNS, bahkan jauh lebih besar.

Selain saya, di luar sana juga banyak sekali blogger-blogger Indonesia maupun luar negeri yang sudah terbukti sukses dari blog.

Saya yakin sobat sudah tahu akan hal tersebut dan itulah alasannya kenapa sobat membaca postingan ini. Sobat ingin bisa mengikuti jejak blogger-blogger yang sudah lebih dulu sukses.

Apakah mungkin?

Tidak ada yang tidak mungkin. Saya saja yang cuma tamatan SMP bisa, sobat juga pasti bisa karena saya yakin sobat jauh lebih pintar dan cerdas daripada saya.

Tapi… ada tapinya…

Menghasilkan uang dari blog bukan cara cepat kaya

Di dunia ini nggak ada yang instan.

Mie instan saja yang katanya instan nggak bisa langsung dimakan dengan bungkusnya.

Semua butuh proses.

Menghasilkan uang dari blog juga seperti itu, butuh proses.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, saya mengenal blog sejak tahun 2010 tapi baru baru bisa menghasilkan uang dari blog di awal tahun 2013. Itu artinya dua tahun lebih saya ngeblog tanpa menghasilkan apa-apa.

Blogger-blogger sukses yang saya tahu juga kebanyakan sudah ngeblog selama bertahun-tahun sebelum akhirnya meraka bisa sukses menghasilkan banyak uang dari blognya.

Di sini saya hanya ingin menekankan bahwa menghasilkan uang dari blog memang bukan hal yang mustahil, tapi sama sekali nggak gampang dan bukan sebuah cara untuk cepat kaya.

Blogging hanya untuk orang-orang yang memiliki kesabaran dan ketekunan untuk belajar secara terus sampai bisa menjadikan blognya sebagai sumber penghasilan.

Nah jika sobat adalah salah satu orang tersebut, berarti sobat wajib untuk membaca postingan ini lebih lanjut.

Mengenal dua tipe blogger

Sebelum saya lanjut lebih jauh lagi, ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diketahui lebih dulu.

Di dunia ini dua tipe blogger. Tipe pertama adalah blogger yang ngeblog bukan karena uang, dan tipe kedua adalah blogger yang ngeblog karena uang.

Kedua tipe blogger tersebut sama-sama bisa menghasilkan uang dari blog, tapi khusus untuk blogger yang ngeblog karena uang biasanya proses untuk sampai bisa menghasilkan uang akan jauh lebih sulit. Alasannya karena banyak hal-hal baru yang perlu dipelajari.

Contohnya seperti ini:

Blogger yang ngeblog bukan karena uang biasanya dari awal sudah memiliki keahlian menulis yang bagus. Sedangkan nggak semua blogger yang ngeblog karena uang memiliki keahlian menulis.

Saya pribadi adalah contoh blogger yang dari awal ngeblog tidak memiliki keahlian menulis yang bagus. Butuh waktu yang cukup lama bagi saya sampai bisa menulis seperti sekarang ini. Itulah salah satu alasan kenapa selama 2 tahun lebih ngeblog saya tidak bisa menghasilkan apa-apa.

Jika sobat merasa termasuk tipe blogger yang ngeblog karena semata-mata ingin menghasilkan uang, maka perlu diketahui bahwa banyak hal-hal baru yang perlu dipelajari.

Nah bagi sobat yang dari awal memang sudah hobi ngeblog, saya yakin menghasilkan uang dari blog bukanlah hal yang susah untuk dilakukan.

5 langkah menghasilkan uang dari blog

Langkah-langkah untuk bisa menghasilkan uang dari blog sebenernya sama sekali nggak ribet, hanya saja prosesnya membutuhkan kesabaran serta ketekunan tingkat tinggi.

Setidaknya ada 5 langkah yang perlu sobat lewati. Langkah-langkah tersebut adalah:

1. Menentukan topik dan target pembaca blog

Langkah pertama adalah menentukan topik dan juga target pembaca blog.

Sebelum sobat membuat blog, sobat harus sudah tahu topik apa yang akan dibahas di blog sobat dan juga sudah menentukan siapa target pengunjung blog sobat.

2. Membuat sebuah blog

Setelah menemukan topik blog yang cocok, langkah berikutnya tentu saja mulai membuat sebuah blog.

Jika sobat bener-benar masih baru belajar ngeblog, saya menyarankan untuk membuat blog gratis di blogger.com.

3. Membuat konten berkualitas

Hanya memiliki blog saja belum cukup untuk bisa menghasilkan uang. Berikutnya sobat perlu mengisi blog sobat dengan konten-konten yang berkualitas.

Tanpa konten berkualitas blog sobat tidak akan ada pengunjungnya. Memiliki pengunjung blog yang banyak adalah salah satu kunci kesuksesaan sebuah blog.

4. Mempromosikan blog

Saat ini jumlah blogger di Indonesia sudah sangat banyak yang artinya persaingan akan semakin ketat.

Hanya bermodalkan konten berkualitas saja belum cukup untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung, sobat juga perlu mempromosikan blog sobat.

5. Menentukan metode monetisasi yang tepat

Nah yang terakhir adalah proses memanfaatkan blog yang sudah dibangun dengan susah payah supaya bisa menghasilkan uang.

Proses ini biasa disebut “monetisasi blog“, atau bahasa Indonesianya “menguangkan blog”

Ada banyak sekali metode monetisasi yang bisa dilakukan, sobat harus bisa menemukan metode yang tepat untuk blog sobat karena tidak semua blog cocok untuk dimonetisasi dengan cara yang sama.

Metode monetisasi apa aja itu, kang?

Silakan disimak lebih lanjut di bawah ini.

7 Cara menghasilkan uang dari blog paling populer

Di bawah ini adalah daftar 7 metode monetisasi paling populer yang sering digunakan para blogger untuk menghasilkan uang dari blognya.

Sebagian besar metode monetisasi di bawah ini sudah pernah saya lakukan, tapi ada beberapa yang saya pribadi belum pernah mencobanya.

Tapi yang jelas metode monetisasi di bawah ini adalah metode-metode yang sudah terbukti.

1. Pasang Iklan

Yang pertama adalah yang paling populer di antara yang paling populer, yaitu dengan memasang iklan di blog.

Untuk memonetisasi blog dengan iklan ada dua jalan yang bisa sobat pilih.

Pertama adalah dengan mendaftar ke program Advertising Networks atau jaringan periklanan.

Kedua adalah dengan menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog sobat atau biasa disebut sebagai Direct Advertising.

Advertising Networks

Advertising Networks atau jaringan periklanan adalah sebuah program layanan yang mengubungkan antara pemasang iklan dengan para pemilik website atau blog.

Nah jika ingin menghasilkan uang dari program seperti ini, sobat hanya perlu mendaftar ke program jaringan periklanan tersebut, setelah itu nanti sobat akan diberikan sebuah kode iklan yang perlu dipasang di blog.

Penghasilan yang didapatkan biasanya dihitung setiap kali ada orang yang ngeklik iklan di blog sobat atau biasa disebut PPC (Pay Per Click).

Salah satu program Advertising Networks yang paling populer di Indonesia adalah Google AdSense.

Direct Advertising

Berbeda dengan Advertising Networks, Direct Advertising adalah metode dimana sobat menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog sobat.

Kelebihan metode ini adalah penghasilan blog sobat bisa jauh lebih tinggi karena iklan yang terpasang di blog tidak melalui perantara pihak ketiga.

Harga pemasangan iklan sendiri bervariasi, umumnya menyesuaikan dengan jumlah dan kualitas dari pengujung blog.

Meskipun sobat bisa mendapatkan hasil yang lebih tinggi, tapi cara ini bisa dibilang tidaklah mudah. Alasannya karena sobat harus bisa mencari calon pemasang iklan yang bersedia untuk beriklan di blog sobat.

2. Paid Review

Paid review atau paid posts adalah metode monetisasi dimana kita mendapatkan penghasilan dengan mereview produk atau jasa milik orang melalui postingan di blog kita.

Pada dasarnya nggak ada bedanya dengan Direct Advertising, hanya bedanya jika Direct Advertising iklannya berupa sebuah banner iklan, sedangkan paid review iklannya dalam bentuk postingan review.

Salah satu blogger Indonesia yang cukup sukses menerapkan metode monetisasi ini adalah Priangga pemilik blog www.priangga.web.id.

3. Jualan produk sendiri

Menjual produk sendiri merupakan salah satu metode monetiasi blog terbaik yang bisa dilakukan. Alasannya karena dengan menjual produk sendiri sobat bisa mendapatkan penghasilan berkali-kali lipat lebih besar ketimbang menggunakan metode monetisasi yang lain.

Jika menggunakan metode ini bisa dibilang sobat tidak menghasilkan uang dari blog secara langsung, karena penghasilan yang sobat dapatkan adalah dari hasil berjualan. Sedangkan fungsi dari blog yang sobat kelola nantinya hanya sebagai tempat untuk mempromosikan produk yang sobat jual.

Memang apaan yang bisa dijual lewat blog, Kang?

Produk yang bisa dijual lewat blog terbagi menjadi dua jenis.

Yaitu produk fisik dan produk digital.

Untuk produk fisik hampir apa saja bisa dijual lewat blog. Tapi tentunya produk yang dijual harus sesuai dengan topik blog sobat.

  • Misalnya blog sobat membahas tentang burung, maka sobat bisa menjual obat burung.
  • Misalnya blog sobat membahas tentang motivasi, sobat bisa menjual buku motivasi.
  • Misalnya blog sobat membahas tentang gadget, sobat bisa berjualan gadget.
  • Dan lain sebagainya

Sedangkan untuk produk digital yang bisa dijual lewat blog biasanya produk-produk seperti:

  • Ebook (Buku Elektronik)
  • Video
  • Audio
  • Software
  • Theme Website
  • Plugin
  • Desain gambar
  • dll.

Jualan produk sendiri lewat blog tentu saja bukan hal yang mudah. Pertama sobat harus mempunyai produk untuk dijual, kedua sobat harus bisa mencari pengunjung blog yang tertarget supaya membeli produk yang sobat jual.

4. Jualan jasa sendiri

Selain produk sobat juga bisa menjual jasa melalui blog. Metode monetisasi ini sangat cocok bagi sobat yang mempunyai keahlian yang bisa disalurkan lewat Internet.

Contohnya:

  • Jika sobat jago desain, sobat bisa menyediakan jasa desain
  • Jika sobat jago menulis, sobat bisa menyediakan jasa menulis artikel
  • Jika sobat jago bikin website, sobat bisa menyediakan jasa pembuatan website
  • dll.

Salah satu contoh blog Indonesia yang cukup sukses menawarkan jasa melalui blognya adalah dzofar.com.

dzofar.com adalah sebuah blog personal yang di dalamnya berisi tutorial-tutorial tentang menggambar vector dan admin blog tersebut menggunakan blognya sebagai tempat mempromosikan jasa menggambar vector miliknya.

5. Mengikuti program afiliasi

Bagi sobat yang belum punya produk sendiri untuk dijual atau belum punya keahlian yang bisa dijadikan jasa, mengikuti program afiliasi adalah alternatif lain yang bisa dipilih.

Afiliasi adalah sebuah program dimana kita membantu mempromosikan produk atau jasa milik orang lain dan kita akan mendapatkan komisi jika kita berhasil menjual produk tersebut.

Untuk mengikuti program afiliasi seperti ini sobat bisa mencari penyedia produk atau jasa yang menyediakan program afiliasi atau bisa juga melalui affiliate network.

6. Menyediakan program membership

Program membership adalah salah satu metode monetisasi yang saya pribadi belum pernah mencobanya.

Tapi metode monetisasi ini sudah terbukti bisa memberikan penghasilan yang lumayan karena banyak blogger Indonesia maupun luar Negeri yang sudah membuktikannya.

Program membership pada dasarnnya adalah sebuah program dimana sobat menyediakan konten premium di blog sobat dan konten premium tersebut hanya bisa dikases oleh pengujung yang sudah menjadi member dengan membayar sejumlah uang.

7. Jualan blog

Metode monetisasi yang terkahir adalah dengan menjual blog.

Jadi sobat mendapatkan penghasilan dengan membuat blog terus menjual blog tersebut kepada orang lain.

Emang ada yang beli, kang?

Di luar sana banyak blogger-blogger pemula yang malas untuk membuat blog dari awal. Jika punya uang biasanya mereka lebih memilih untuk membeli blog yang sudah jadi.

Kang Dadi saat ini dapet duitnya darimana aja?

Hampir semua metode monetisasi blog di atas sudah pernah saya coba semuanya, kecuali program membership.

Tapi untuk saat ini penghasilan utama saya hanya berasal dari Direct advertising, Jualan produk digital berupa Temple Blogger dan juga menyediakan Jasa JV adsense.

Penutup…

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari blog. Semua metode-metode yang sudah saya tulis di atas adalah metode yang sudah terbukti.

Dan percaya atau tidak, selain yang sudah saya tulis di atas, masih banyak cara-cara lain yang bisa dilakukan, dari cara yang bener sampai cara yang nggak bener.

Bagi sobat yang baru belajar ngeblog, saya yakin informasi yang sudah saya berikan di atas malah bikin bingung karena terlalu banyak yang bisa dipilih.

Terus gimana?

Saran saya, jika memang sobat baru belajar ngeblog, maka jangan jadikan uang sebagai fokus utama. Soalnya saya yakin nggak butuh waktu lama sobat bakalan memutuskan untuk berhenti ngeblog.

Untuk di awal-awal lebih baik fokus untuk belajar ngeblog dulu. Meskipun nggak menghasikan apa-apa, ngeblog masih memiliki banyak manfaat lain. Dari meningkatkan kemampuan menulis, jadi lebih melek teknologi, dan yang paling penting bisa membantu orang lain melalui tulisan yang kita buat.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis


Gimana Sih Caranya Menghasilkan Uang dari Blog?

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in