Bijaklah Dalam Berperilaku, Karena Perilaku dari Orang Tua Ini Akan Ditiru Oleh Anak


perilaku

Kata-Kata Kasar

Si kecil anda mungkin belum bisa bicara banyak namun bisa mendengar segala sesuatu dan akan tiba saatnya ketika dia bisa bicara dan mengucapkan kata-kata kasar yang didengarnya didepan mertua anda. Atau lebih buruk lagi, dia akan mengulang omongan anda didepan  orang lain disaat yang paling tidak tepat.

Afeksi

limpahi anak anda dengan afeksi atau kasih sayang dan dia akan merespon secara baik. Anak akan mengungkapkan kasih sayangnya dengan caranya sendiri. Tunjukkan Anda sayanf pada anggota keluarga, hewan peliharaan, dan orang-orang penting lainya didalam hidup sehingga anak anda akan meniru dan menjadikannya sebagai bagian dari perilakunya.

Sopan Santun

Beri contoh yang baik dan benar di meja makan, di restoran, dimana saja dan si kecil anda akan menyerap semuanya. tunjukan respek kepada orang lain, selalu gunakan kata tolong, terimakasih, dan maaf disaat yang tepat.

Berbagi

“Punya saya” adalah kata favorit yang diterapkan dalam tindakan. Tapi jika anda berbagi dengannya dan orang lain didepannya, dan jelaskan mengapa anda melakukanya, maka anak akhirnya akan mengikuti contoh anda.

Kesabaran

anak anda berjalan pelan di jalan? makan malamnya berlangsung sepanjang segala abad? anda mungkin jengkel dengan anak anda yang lamban seperti keong. tapi hati-hati dengan langkah anda. jika anda terus menerus tidak sabar dengan anak anda, mereka akan belajar tidak sabar dengan anda dan orang lain juga.

Toleransi

menerima orang lain, empati, persamaan derajat paling baik dipelajari dengan paparan. jika anda menjelekkan budaya dan keyakinan orang lain, anak anda akan melakukannya juga. kendatipun toleransi agak sulit diajarkan, ada hal-hal kecil yang bisa anda lakukan untuk menunjukkan kepada si kecil anda nilai-nilai keberagaman.

Kedermawanan

Tunjukan pada anak anda cara memperhatikan orang lain dan libatkan dia. Tahan pintu tetap terbuka untuk orang lain, jadi relawan untuk perkumpulan amal, kirim kartu ucapan terimakasih. biarkan anak anda membantu upaya ini dan akhirnya anak anda akan mempraktekkannya ketika tidak bersama anda.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Bijaklah Dalam Berperilaku, Karena Perilaku dari Orang Tua Ini Akan Ditiru Oleh Anak

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in