Demi Meraup Keuntungan, Susu Basi Dijadikan Bahan Baku, Hati-hati dengan Minuman Ini


Beberapa waktu belakangan ini beredar merek minuman yang meresahkan warga, kita di himbau untuk lebih waspada terhadap minuman jenis susu telor madu jahe (STMJ) instan, lantaran beredar jenis minuman STMJ instan palsu, berbahan baku susu kedaluwarsa, diantaranya STMJ dengan label Ocyson.

foto: okeinfo.net
foto: okeinfo.net

Hal ini terungkap dari hasil temuan Unit Tipiter Satreskrim Polrestabes Surabaya, Jawa Timur, ketika menggelar aksi penggrebekan di wilayah Bulak Kali Tinjang, Surabaya.

Ternyata didapati industri rumahan yang memproduksi STMJ instan dalam ukuran sachet, setelah dikonfirmasi industri rumahan ini beroperasi secara ilegal dalam memproduksi minuman penambah vitalitas ini.

Selain tak mengantongi izin, industri rumahan dengan nama UD Ocy Jaya, memakai bahan dasar susu yang sudah kedaluwarsa, susu tersebut bertanggal kedaluwarsa pada 2015 lalu, pemiliknya mengaku tindakan itu bertujuan menghemat biaya produksi.

Tersangka pun telah merekayasa komposisi STMJ, dengan menambahkan madu dikemasannya, ia juga memalsukan izin BPOM dan Departemen Kesehatan. Sementara aktivitas rumah industri ini sudah berjalan dua bulan lebih, dipasarkan di Jawa, Kalimantan hingga Papua, sehingga telah beredar luas dan sering didapati di warung kopi pinggir jalan. Dijual seharga Rp 1200 per sachet.

Menurut hasil penelitian dari Departemen Kesehatan Kota Surabaya, STMJ palsu ini berbahaya bagi kesehatan karena bisa menyebabkan diare, akibat kuman dan bakteri yang ada didalam susu kadaluarsa tersebut. Berdasarkan hasil penggrebekan ini, pihak berwenang menghimbau masyarakat, untuk mewaspadai STMJ ilegal yang dibuat dengan susu kedaluwarsa tersebut.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Demi Meraup Keuntungan, Susu Basi Dijadikan Bahan Baku, Hati-hati dengan Minuman Ini

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in