Zanco Tiny T1, Ponsel Terkecil di Dunia yang Terancam Penjualannya


Seorang pengusaha memperkenalkan ponsel yang diklaim paling kecil di dunia. Karena ponsel ini hanya seukuran dua koin. Mengutip metro.co.uk, ponsel bernama Zanco Tiny T1 ini memiliki bobot hanya 13 gram, dengan layar OLED sebesar 0,49 inci (resolusi 64×12 piksel),  bisa menyimpan 300 nomor kontak.

Shazad Talib
Sumber: clydebankpost.co.uk

Model sebelumnya pernah dibuat dengan berat 20 gram. Tapi ponsel ini menuai kekhawatiran. Bisakah Anda menebak mengapa? Ya, ponsel ini begitu mudah diselundupkan termasuk ke dalam penjara. Terlebih ponsel mini yang sebelumnya diiklankan dengan embel-embel “Bozz Approved”, yang berarti ponsel mini seperti ini tak akan mengaktifkan kursi dengan pemindai keamanan BOSS (Body Orifice Security Scanner) untuk pengunjung dan juga tahanan di hotel prodeo.

Bagian Zanco Tiny T1
Sumber: hk01.com

Ponsel mini ini merupakan karya dari pengusaha kelahiran Bradford, Shazad Talib, yang memang ahli memproduksi ponsel-ponsel mini. Dia berkata: “Saya dapat idenya sekitar tahun 2004, dan saya memiliki beberapa insinyur yang menggarapnya selama bertahun-tahun. Sesungguhnya ponsel ini begitu mudah dipakai ketika ditempatkan di jari”.

Ponsel Mini Zanco Tiny T1
Sumber: metro.co.uk

Dia mengatakan bahwa selanjutnya dirinya akan merancang smartphone berukuran mini juga. “Saya punya banyak ide. Sekarang saya tinggal di Cina, tapi saya lahir dan besar di Bradford dan saya ingin membuat Bradford bangga”, katanya.

Ponsel Kecil Zanco Tiny T1
Sumber: gnomip.gr

Harga ponsel ini cukup murah, yaitu £39 atau sekitar Rp. 700 ribu. Tapi jika Anda menjadi investor di halaman Kickstarter mereka, Anda hanya perlu membayar Rp. 544 ribu. Sementara itu, Sekretaris Kehakiman Inggris, David Lidington, telah meluncurkan larangan penjualan ponsel kecil ini dengan alasan yang telah disebutkan. Menurut Lidington, ponsel ini sengaja dibuat guna diselundupkan.

Menurut Anda bagaimana? Apakah ponsel mini seperti ini berisiko dipakai untuk aksi yang tidak sah dan menentang hukum?

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis


Zanco Tiny T1, Ponsel Terkecil di Dunia yang Terancam Penjualannya

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in