Lagi, Larangan Kegiatan Keagamaan Kembali Mencuat, Kali Ini di Bogor!


Isu agama tidak ada henti-hentinya menjadi polemik ditengah masyarakat Indonesia. Kali ini beredar luas sebuah surat yang merupakan teguran keras dari aparat negara atas dalam sebuah kegiatan keagamaan. Bahkan, surat teguran tersebut berasal dari Kepala Desa Cikahuripan, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

Dalam surat teguran tersebut, Makmur Nurhendi, Kepala Desa Cikahuripan itu menyampaikan kegiatan keagamaan berupa kebaktian yang dilakukan salah seorang yang tinggal dirumahnya tersebut harus segera dihentikan karena kegiatan tersebut merupakan kegiatan ilegal dan belum memiliki izin.

Surat bernomor 450/251/XII/2017 tanggal 15 Desember 2017 itu ditunjukkan kepada pemilik pendeta di Perum Villa Cileungsi Asri 2 dengan nama Bapak Simamora. Meski surat tersebut belum ada konfirmasi lanjut dari pihak terkait, surat tersebut tengah dipelajari pihak kepolisian bersama Musyawarah Pimpinan Kecamatan Muspika.

surat teguran

surat teguran1

Menanggapi surat tersebut, pihak kepolisian menjelaskan, ada beberapa syarat sebuah bangunan bisa digunakan sebagai tempat ibadah. Syarat tersebut dicantumkan dalam Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri dalam Negeri No. 9 tahun 2006 dan No. 8 tahun 2006. Salah satunya adalah, adanya sebanyak 60 warga yang mendukung  dan adanya surat rekomendasi dari Lurah dan Kepala Desa.

Disisi lain menyatakan, bahwa Pasal 7 Peraturan Bersama itu juga menyebutkan bahwa ayat 1 Lurah/Kepala Desa diwajibkan untuk memilihara ketentraman dan ketertiban bermasyarakat, termasuk memfasilitasi terwujudnya kerukunan agama dan wilayah keluarahan ataupun desa. Ayat 2 juga menyebutkan, kalau Lurah/Kepala Desa diwajibkan untuk mengembangkan keharmonisan, saling menghormati, saling pengertian, dan saling percaya antarumat beragama.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Comments are closed.

Lagi, Larangan Kegiatan Keagamaan Kembali Mencuat, Kali Ini di Bogor!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in