Inilah Resep Jitu Rasulullah Agar Terhindar dari Obesitas


obesity

Obesitas ditandai dengan keadaan dimana seseorang memiliki berat badan yang berlebih dibanding berat badan idealnya karena penumpukan lemak di tubuh. Obesitas dapat terjadi karena ketidakseimbangan jumlah makanan yang masuk dengan pengeluaran energi yang digunakan oleh tubuh.

Rasulullah telah mencontohkan kita bagaimana cara makan yang sehat. Selain memiliki pola makan yang baik, Rasulullah dan para sahabat juga sering berolahraga, terutama memanah, berkuda dan berenang. Rasulullah memerintahkan umatnya agar makan dengan kecukupan gizi yang seimbang dan bukannya memenuhi perut dengan makanan. Kecukupan ini ditandai dengan jumlah makan yang tidak banyak, yakni hanya sepertiga perutnya. Karena sisanya adalah untuk minum dan udara.

Dari Miqdam bin Ma’di Karib beliau menegaskan bahwasanya beliau mendengar Rasulullah besabda, “Tidaklah seorang anak Adam mengisi sesuatu yang lebih buruk dari perutnya sendiri, cukuplah bagi anak Adam beberapa suap yang dapat menegakkan tulang punggungnya. Jika tidak ada cara lain maka sepertiga (dari perutnya) untuk makanannya, sepertiga untuk air minumnya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya.” (HR. Tirmidzi)

Dari Jabir bin Abdillah, beliau menyatakan bahwa beliau mendengar Rasulullah bersabda, “Makan satu orang itu cukup untuk dua orang. Makanan dua orang itu cukup untuk empat orang. Makanan empat orang itu cukup untuk delapan orang.” (HR. Muslim)

Perpaduan yang cukup antara komposisi makanan, minuman dan udara ini merupakan salah satu resep yang dapat menghindarkan kita dari obesitas. Karena Rasulullah tidak menyukai bila umatnya berlebihan dalam makan dan minum yang dapat menyebabkan rasa malas dalam beribadah. Jangan lupa untuk membiasakan diri berolahraga agar lemak tidak tertimbun secara berlebihan dalam tubuh.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Inilah Resep Jitu Rasulullah Agar Terhindar dari Obesitas

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in