Wow! Arab Saudi Akhirnya Mencabut Larangan Terhadap Bioskop Komersil Demi Meningkatkan Budaya Domestik


Img: thearabweekly
Img: thearabweekly

Kementrian Kebudayaan dan Informasi mengumumkan bahwa pihaknya akan segera mengeluarkan izin lisensi untuk bioskop yang akan dibuka mulai bulan Mei 2018 nanti. Setelah lama di tutup selama lebih dari 30 tahun lamanya, akhirnya Arab Saudi akan mencabut larangan terhadap bioskop komersil.

Rupanya, kebijakan tersebut dicetuskan sebagai bagian dari program sosial dan ekonomi Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Awal sejarah, sebenarya keluarga Kerajaan Arab Saudi memiliki bioskop, namun karena bujukan para ulama terhadap pihak yang berwenang, maka kegiatan bioskop komersil pun ditutup.

Namun akhirnya, bioskop dibuka lagi karena pihak berwenang menganggap penting bioskop sebagai media yang dapat mendorong budaya domestic bagi warga Arab.

“Ini menandai titik awal perkembangan ekonomi budaya di Kerajaan,” ucap Menteri Kebudayaan Awwad Alawwad.

Diperkirakan dengan adanya pembukaan bioskop akan mengakomodasi lebih dari 32 juta orang. Jumlah tersebut terdiri dari 300 bioskop dengan 2 ribu layar yang diperkirakan berdiri tahun 2030 nanti. Hal ini juga demi meningkatkan pengeluaran rumah tangga untuk kegiatan budaya dan hiburan.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Comments are closed.

Wow! Arab Saudi Akhirnya Mencabut Larangan Terhadap Bioskop Komersil Demi Meningkatkan Budaya Domestik

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in