Asupan Protein Nabati Dapat Membuat Rasa Kenyang Bertahan Lama, Ini Manfaatnya


Img: shutterstock.com
Img: shutterstock.com

Makanan mengandung asupan protein seperti daging dan ayam dapat membuat seseorang kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Namun, dibandinkan protein hewani, ternyata sumber protein nabati seperti halnya kacang merah dan kacang polong dapat membuat seseorang juga merasa kenyang lebih lama.

Jika seseorang merasa kenyang dalam waktu yang lama, hal ini dapat membantu tubuhnya mengurangi asupan makanan lain, dan manfaat positifnya dapat membantu menurunkan berat badan.

Dilansir dari Instagram @indozonehealth, Dalam hasil studi dari Universitas Copenhagen, Denmark, peneliti meminta 43 orang dalam partisipasi berusia 20-an untuk mengonsumsi sebanyak tiga menu sarapan pada minggu yang berbeda, dimana masing-masing sarapan mengandung 800 kalori. Menu pertama terdiri dari burger isi daging sapi, menu kedua burger isi selai kacang merah dan kacang polong, dan menu ketiga burger rendah protein selain terisi kacang merah, kacang polong, dan kentang.

Setelah tiga jam, ternyata peserta yang memakan burger berisi protein nabati mengonsumsi makan siang 12 persen kalori yang lebih sediki dibandingkan daging.

“Kandungan serat yang lebih tinggi kemungkinan yang berkontibusi lebih besar dalam meningkatnya rasa kenyang,” ucap Anne Raben, salah satu peneliti ahli nutrisi.

Mengonsumsi protein nabati ternyata dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, jadi tidak perlu adanya upaya khusus untuk menghindari makanan lain. Hal ini cukup efisien sebagai upaya menurunkan berat badan.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Asupan Protein Nabati Dapat Membuat Rasa Kenyang Bertahan Lama, Ini Manfaatnya

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in