Seram! Inilah 3 Kisah Horor yang Ada di Yogyakarta


Bundaran Teknik UGM

bundaran teknik ugm

Yang udah pernah ke Jogja atau kuliah di Jogja pasti pernah dong ngelewatin bundaran Teknik UGM. Sebenernya bundaran ini biasa aja. Ya cuma bundar. Dilewatin orang. Udah.

Cuma, sempet ada desas-desus dari warga sekitar kalo lewat bundaran ini sendirian tengah malem sambil nyanyi lagu Gugur Bunga, nanti bakal ada suara-suara arwah pahlawan yang tiba-tiba muncul di belakangmu dan mengikuti nyanyianmu!

Kandang Menjangan

kanjang

Sebuah bangunan bersejarah berbentuk ruangan menyerupai kubus. Pada masa Kesultanan Mataram, Panggung Krapyak digunakan oleh raja-raja Mataram sebagai tempat pengintaian untuk berburu binatang, khususnya rusa atau menjangan. Oleh karena itu, masyarakat sekitar sering menyebut Panggung Krapyak dengan sebutan Kandang Menjangan

Panggung Krapyak dibangun sekitar tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I. Panggung ini sebagai pos berburu sekaligus sebagai daerah pertahanan dari binatang buas. Pada zaman dulu, Krapyak adalah sebuah hutan lebat dengan berbagai jenis hewan liar seperti rusa atau dalam bahasa Jawa disebut menjangan. Tak heran bila wilayah ini dulu banyak digunakan sebagai tempat berburu oleh Raja-Raja Mataram. Panggung Krapyak termasuk bangunan yang terletak di poros imajiner kota Yogyakarta, menghubungkan gunung merapi, tugu yogyakarta, Kraton Yogyakarta, Panggung Krapyak dan Laut Selatan. Poros Panggung Krapyak hingga Kraton menggambarkan perjalanan manusia dari lahir hingga dewasa

Panggung Krapyak berbentuk menyerupai kotak ini memiliki ukuran luas 17,6 m x 15 m dan tinggi 10 m. Arsitektur bangunannya cukup unik. Setiap sisi bangunan memiliki sebuah pintu dan dua buah jendela. Pintu dan jendela ditutup dengan pagar besi yang tidak rapat sehingga bagian dalam bisa terlihat dari luar. Bagian bawah pintu dan jendela berbentuk persegi tetapi bagian atasnya melengkung, seperti rancangan pintu dan jendela di masjid. Bangunan ini terdiri dari dua lantai. Pada lantai atas berupa ruangan terbuka yang cukup luas dan dibatasi pagar dengan ketinggian sedang.

Ada cerita,

Pernah ada mahasiswa pulang dari kampus boncengan lewat Kandang Menjangan tengah malem. Tiba-tiba temennya kaget karena ngeliat sesuatu yang aneh pas lampu sepeda motornya menyoroti celah-celah pintu jendela.

Kira-kira percakapannya begini;

“Eh, kae opo yo kok ono putih-putih?” (Eh, itu apa ya kok ada putih-putih?) 

“Ora ngerti, nek bengi ngene iki mataku wis ra patio ketok. Wis, rasah diulati!” (Nggak tau, kalo malam gini mataku nggak terlalu keliatan. Udah, jangan diliatin!)

Karena kebetulan satu arah, pas mereka mendekat ke arah pintu bangunan, tiba-tiba lampu sepeda motornya menyorot sesosok wanita yang gantung diri di dalam Kandang Menjangan. Sambil mengayun-ayunkan kakinya, kepala wanita itu bergerak mengikuti arah kedua pemuda tadi.

Bioskop XXI

xxi

Sekitar tahun 1999, bioskop Regent terbakar habis dan memakan 15 korban jiwa. Setelah insiden itu, akhirnya gedung bioskop Regent dibiarkan begitu saja sekitar 10 tahun lamannya. Sampai akhirnya, area itu dibangun bioskop XXI yang masih berdiri sampai sekarang.

Banyak yang bilang kalo bioskop ini angker banget pas awal-awal didirikan. Bahkan udah ada beberapa orang yang pernah mengalami kejadian horor pas nonton film midnight. Jadi ceritanya pas lagi nonton gitu, tiba-tiba muncul bau busuk dan bau daging kebakar, trus suhu ruangan bioskop yang awalnya dingin tiba-tiba berubah jadi panas banget. Selain itu ada juga yang cerita pernah liat kilatan api kayak kalo lagi bakar-bakaran pake api unggun di dalam bioskop. Kabarnya kejadian itu sering banget muncul kalo jumlah penonton midnight kebetulan cuma ada 4 orang.

Kenapa 4?

Jadi ceritanya biskop Regent yang habis terbakar dan memakan korban itu punya 4 studio dan masih ada 4 jasad yang belum ditemukan sampe sekarang. Jadi kalo nonton film midnight cuma berempat, ruangan studio bisa tiba-tiba penuh! Tempat yang harusnya kamu duduki tuh udah dipake orang lain, pas ditanyain ke petugas, ternyata nggak ada orang lain yang nonton selain kamu.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Seram! Inilah 3 Kisah Horor yang Ada di Yogyakarta

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in