Begini Cara Bertaubat Sesuai Sabda Rasulullah


Muslim man prays

Salah satu bentuk penyesalan ketika kita melakukan kesalahan atau dosa baik dosa kecil maupun dosa besar adalah dengan melakukan taubat. Namun dalam melakukan taubat, harus memperhatikan tiga hal yaitu meninggalkan perbuatan dosa tersebut, menyesali perbuatan dosa tersebut, dan bertekad untuk tidak mengulanginya lagi selama-lamanya.

Namun tidak hanya memohon ampun kepada Allah, kita juga harus meminta maaf pada saudara atau orang lain yang telah kita sakiti. Seperti sabda Rasulullah :

“Siapa saja yang memiliki kezhaliman terhadap saudaranya, hendaknya ia meminta maaf pada saat ini (di dunia), sebelum hari dimana tidak ada lagi gunanya harta. Kalau saat itu ia memiliki kebajikan, pasti kebajikannya akan diambil. Kalau ia sudah tidak punya kebajikan lagi, maka keburukan orang yang dizhaliminya itu akan diambil dan dilemparkan kepadanya.” (Diriwayatkan oleh Al- Bukhari: III/99, VII/197 dan Ahmad: II/506)

Taubat sebaiknya tidak ditunda-tunda. Karena kita tidak akan pernah tahu kapan ajal kita akan datang. Rasulullah bersabda :

“Sesungguhnya Allah tetap akan menerima taubat seorang hamba, sebelum nyawa sampai ke kerongkongan.” (Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi: 3537; Ibnu Majah: 4253, Ahmad: II/132-153, III/425)

Disebutkan pula dalam Al-Quran bahwa agar kita melakukan taubat yang tulus agar Allah memasukkan kita ke dalam surga.

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Rabb kamu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam jannah yang mengalir dibawahnya sungai-sungai… ” (QS. At-Tahriim : 8)

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
1
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Begini Cara Bertaubat Sesuai Sabda Rasulullah

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in