Demi Sebuah Foto Kentang, Seniman Ini Dibayar Tiga Milyar Secara Cuma-cuma oleh Pengusaha Kaya


Img: says.com
Img: says.com

Sebuah foto terjual seharga kisaran tiga miliar rupiah. Foto itu diberi nama “Kentang nomor 345 (2010)”, karya fotografi dari Kevin Abosch.

Dilansir dari Instagram @faktanyagoogle, kesepakatan harga jual itu dibuat dengan seorang pengusaha Jerman saat mereka makan malam bersama. Kevin sendiri sudah dikenal sebagai seorang seniman visual yang dapat bekerja dengan cepat untuk para eksekutif dan para selebriti di tanah Silicon Valley.

Beberapa tokoh terkenal di dunia pernah diambil potretnya oleh Kevin, seperti halnya pemenang hadiah Nobel Malala Yousafzai, actor Johnny Depp, sampai eksekutif Facebook Sheryl Sandberg dan Yoko Ono.

“Saya melihat kesamaan antara manusia dan kentang yang berbicara kepada hubungan kita sebagai individu dalam spesies kolektif,” ucapnya yang diwawancarai oleh CNN.

Alasan ia mengaggumi fotografi kentang, karena factor kehidupan kentang itu dipanen dengan penuh kekerasan dan sudah dianggap biasa di masyarakat. Maka dia menggunakan kentang sebagai proxy untuk studi ontologis yang berhubungan dengan pengalaman hidup manusia.

Itulah seniman, selalu memiliki cara berpikirnya sendiri dalam memandang sesuatu hal. Bahkan hebatnya, saat sebagian orang memandang karya seninya biasa saja, akan selalu ada orang lain juga yang mau membayar mahal hasil jerih payahnya.

 

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Demi Sebuah Foto Kentang, Seniman Ini Dibayar Tiga Milyar Secara Cuma-cuma oleh Pengusaha Kaya

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in