Menurut Jakson Tiago Bertahun-tahun Sepakbola Indonesia Melakukan Kesalahan


Sumber : tribunnews.com
Sumber : tribunnews.com

Mantan pelatih yang pernah membawa Persipura juara Liga Indonesia Jacksen Tiago dikenal mampu memoles bibit-bibit muda. Di klub yang dia tangani sekarang (Barito Putra) juga di isi oleh beberapa pemain muda, salah satunya yaitu kapten timnas U-23, Hansamu Yama.

Baru-baru ini bersama Bambang Pamungkas, Jakson di tunjuk menjadi salah satu pelatih yang membantu anak-anak asal Tulehu yang melakukan pelatihan di Jakarta sejak Senin (4/12/2017). Pelatih asal Brazil itu menyatakan bahwa Indonesia telah melakukan kesalahan selama bertahun-tahun dalam hal pembinaan pesebakbola usia dini. Dari dini anak-anak Indonesia di Indonesia di ajari untuk menjadi juara, padahal seharusnya hanya di ajarkan untuk bermain sepakbola yang benar dan bahagia, seperti dilansir dari bola.com (08/12/2017).

Apa yang di katakan Jackson memang benar, jika kita melihat di negara yang sepak bolanya maju seperti Belgia misalnya, pembinaan sepakbola mereka tidak menitikberatkan pada prestasi semata, melainkan proses yang baik sehingga prestasi dapat terwujud kemudian.

Pembinaan usia muda di Belgia benar-benar terstruktur, anak-anak muda di ajari sepakbola dengan baik dan benar kemudian bagi mereka yang sudah masuk ke jenjang level timnas U-19, tidak boleh lagi memperkuat level usia di bawahnya. Dengan kata lain jika umur mereka masih 16 tahun tetapi sudah masuk timnas U-19 tidak boleh lagi memperkuat timnas U-17, seperti dilansir dari bbc.com (17/06/2014).

Hal yang dilakukan Belgia tersebut tentunya bagus bagi pengembangan usia muda karena akan memberi kesempatan pemain muda yang lain untuk bersaing masuk ke timnas. Nampaknya PSSI sudah menyadari betul hal itu, mereka sekarang membuat program sepakbola usia dini yang terperinci yang diberinama Filanesia.

Semoga kedepannya sepakbola Indonesia semakin maju melalui pembibitan pesebakbola usia dini yang benar. Sehingga kelak kita bisa menikmati tontonan sepakbola yang berkualitas dan timnas Indonesia dapat berprestasi.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Comments are closed.

Menurut Jakson Tiago Bertahun-tahun Sepakbola Indonesia Melakukan Kesalahan

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in