Bahaya! Telur Rebus di Microwave Ternyata Bisa Meledak!


Kehadiran microwave memudahkan kita dalam menghangatkan makanan dingin dalam waktu cepat. Namun jika yang dihangatkan adalah telur rebus, Anda mungkin harus lebih berhati-hati. Salah-salah, telur tersebut justru bisa meledak!

Jangan pernah memanaskan telur rebus di microwave! Sumber gambar: delishably.com
Jangan pernah memanaskan telur rebus di microwave! Sumber gambar: delishably.com

Kasus ini terjadi di Amerika Serikat, ketika seorang pelanggan mengajukan gugatan terhadap kecelakaan yang ia alami di sebuah restoran. Pelanggan tersebut mengklaim menderita luka bakar dan kerusakan pendengaran akibat terkena ledakan dari telur rebus yang ia pesan. Sebelum dihidangkan, telur rebus tersebut dipanaskan terlebih dahulu di sebuah microwave.

Kasus ini kemudian ditelusuri lebih lanjut oleh peneliti dari Charles M. Salter Associates, San Fransisco. Dilansir dari iflscience.com, para peneliti ini melakukan pengujian terhadap 100 butir telur rebus yang dipanaskan ulang di microwave. Hasil penelitian ini kemudian dipresentasikan dalam pertemuan Acoustical Scoiety ke 174 di New Orleans, Amerika Serikat.

Ledakan telur di dalam microwave. Selain meledak ketika dipanaskan, beberapa butir telur juga bisa meledak sesudah dikeluarkan dari microwave, termasuk di dalam mulut Anda! Sumber gambar: quora.com

Dalam penelitian tersebut, sebagian kecil telur meletus di dalam microwave, sementara sisanya bertahan hingga proses pemanasan selesai. Telur-telur ini kemudian diletakan di lantai dan ditusuk dengan benda tajam, seperti termometer daging. Hasilnya, sekitar 30% telur meledak secara dahsyat, sementara sisanya tidak meledak sama sekali.

Suara ledakan telur ini kemudian diukur dari jarak sekitar 30 cm untuk mengetahui level kebisingannya. Hasilnya cukup mencengangkan: telur yang meledak menghasilkan suara antara 86-133 desibel, hampir sama dengan titik batas atas suara gergaji mesin atau halilintar. Meskipun cukup bising, suara ini hanya terjadi dalam waktu singkat sehingga kemungkinan untuk menghasilkan cedera pendengaran yang parah cukup kecil. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya cedera lain akibat ledakan yang dihasilkan.

Salah satu teori menyebutkan bahwa ledakan ini terjadi akibat adanya kantung air bersuhu tinggi di dalam kuning telur rebus tersebut. Karena terperangkap di dalam telur, air di dalam kantung ini tidak bisa mendidih meskipun terpanaskan hingga lebih dari 100 derajat celcius. Ketika kantung tersebut tersentuh oleh benda tajam seperti garpu, pisau atau bahkan gigi manusia, air di dalamnya akan mendidih secara spontan. Reaksi ini menimbulkan tekanan tinggi di dalam telur, sehingga akhirnya memicu ledakan dahsyat ke segala penjuru.

Nah lain kali jika punya telur rebus sisa di rumah, ada baiknya Anda memakannya dalam keadaan dingin atau dipanaskan menggunakan kompor saja. Lebih baik aman daripada menyesal!

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Bahaya! Telur Rebus di Microwave Ternyata Bisa Meledak!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in