Wow! Ternyata Video Call Sudah di Temukan pada Tahun 1950-an oleh Orang Asia


Video Call mudah dilakukan di jaman Now. Hal ini karena saking majunya teknologi kekinian yang mendukung segala hal yang tak mungkin menjadi mungkin karena cost yang dikeluarkan pun menjadi lebih terjangkau bagi semua kalangan.

Sumber : viral4real.com

Tapi apa kamu tahu kalau sebenarnya video call itu sendiri pernah ditemukan 60 tahun yang lalu?

Dilansir viral4real.com (6/12/2017), pada awalnya disebut video telephone, teknologi ini ditemukan oleh fisikawan berkebangsaan Philipina, Gregorio Zara, pada tahun 1955. Video Telephone ini menggunakan 2 layar televisi terpisah dan bisa di rekam.

Saat itu, penemuan Gregorio tidak booming karena dianggap terlalu mahal. Hingga tahun 1960-an pihak AT & T mengerjakan video telephone ini ke publik. Tapi juga tak memancing minat banyak orang dengan alasan yang sama, yaitu mahal ditambah kurang praktis.

Sumber : viral4real.com

Poto rekaman video call Zara mendadak viral tapi bagi sebagian besar orang masih menganggap itu sebagai hoax. 

Setelah dilacak dilaman facebook Akademi Sains dan Teknologi Nasional Filipina (NAST), di mana mereka memasang foto Zara dengan caption:

Before there was Skype and Facetime, a Filipino scientist invented a television-telephone. Aha! (“Sebelum ada Skype dan Facetime, seorang ilmuwan Philipina sudah pernah menemukan telepone-televisi” Aha!)

“National Scientist Gregorio Y. Zara, a physicist, invented a device that makes it possible for two persons to see each other on a television while talking on the telephone as early as 1954.” (Greforio Y. Zara, seorang fisikawan, berhasil menemukan cara melihat orang lain -yang terpisah- melalui layar televisi sambil berbicara pada tahun 1954).

Masih dari sumber yang sama, selain menemukan video call via televisi, Gregorio juga menemukan beberapa penemuan yang sangat berpengaruh di dunia modern seperti sekarang ini. Kompas induksi bumi masih digunakan sebagai alat navigasi pilot hingga kini dan mesin pesawat berbahan bakar alkohol. Selain itu, ia juga tegabung dalam tim yang mengembangkan proyek Marex X-10, sebuah robot yang bisa berjalan, berbicara dan merespon perintah dari luar.

Terhitung ada 30 penemuan yang telah ia hasilkan namun hanya beberapa saja yang memiliki hak paten atas namanya sendiri.

Fisikawan yang menikahi mantan Miss PhilipinaEngracia Laconico, ini meninggal dunia pada tahun 1978 diusianya yang ke 76 karena gagal jantung. Dengan Engracia, Gregorio memiliki 4 orang anak.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Wow! Ternyata Video Call Sudah di Temukan pada Tahun 1950-an oleh Orang Asia

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in