99% Orang Tak Mengira Pemuda Tampan Ini Adalah Pahlawan Nasional. Siapakah Dia?


2193d0c4de1be51446c3f3fe86f95d64_minang-saisuak-agus-salim-muda-c-1902 copy

Sosoknya sangat tampan, dengan wajah oval, rambut ikal dan tatapan mata yang tajam, pria di foto yang terlihat seperti seorang pemuda berperawakan blasteran Eropa ini dijamin bakal membuat hati para wanita berdebar. Namun jangan salah, sosok ini adalah sosok pemuda Indonesia pribumi asli yang dikemudian hari akan terkenal sebagai salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia.

Foto : Suryadi – Leiden, Belanda/niadilova.blogdetik.com
Foto : Suryadi – Leiden, Belanda/ niadilova.blogdetik.com

Dengan tampilan fotonya ini, bisa diduga bahwa hampir semua orang tidak akan menyangka siapakah sebenarnya sosok pemuda tampan ini. Jelas saja, karena sang pemuda ini kelak akan lebih terkenal dengan penampilan khasnya di masa tua, dengan kopiah, kumis serta jenggotnya yang khas.

Jadi, siapakah dia sebenarnya ? Rasanya 99% orang Indonesia tak akan mengira bahwa sosok ini sebenarnya adalah sosok yang sangat terkenal dan familiar wajah dan namanya bagi bangsa Indonesia. Dialah seorang pemuda yang bernama Mashudul Haq, atau yang lebih dikenal dengan nama Haji Agus Salim. Beliau adalah seorang diplomat paling senior dimasa awal kemerdekaan Indonesia dan pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dimasa pemerintahan Ir. Soekarno.

Foto : Liputan6.com
Haji Agus Salim (Foto : Liputan6.com)

Wah, apakah benar begitu ? Penampilan seseorang dimasa muda bisa jadi sangat berbeda dengan penampilan mereka di masa tuanya. Makanya, jangan pernah sekali-kali meremehkan kakek-kakek dan nenek-nenek yang sudah tua. Karena bisa jadi dimasa mudanya dahulu, ia bisa membuat hati para pemuda-pemudi dimasanya meleleh dan klepek-klepek.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

99% Orang Tak Mengira Pemuda Tampan Ini Adalah Pahlawan Nasional. Siapakah Dia?

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in