Fakta Tentang Gunung Agung Ini Jarang Diketahui, Kamu Harus Baca!


gunung-agung

Bencana alam berupa erupsi Gunung Agung, Bali menjadi perbincangan di berbagai media, hal ini tidak lepas dari dampak dari letusan tersebut, mulai dari mengungsinya warga sekitar hingga ditutupnya beberapa bandara dari-ke Bali akibat letusan gunung tersebut. Nah selain fenomena letusan saat ini, tidak banyak yang tau tentang Gunung Agung, dikutip dari Smithsonian Global Volcano Program, berikut 4 fakta menarik tentang Gunung Agung yang harus diketahui.

1. Letusan Terbesar Terjadi pada Tahun 1963-1964

Gunung Agung pernah mengalami letusan paling besar pada tahun 1963-1964, letusan ini menjadi letusan gunung paling besar pada abat tersebut (abad-20). Banyak pakar geologi menyebutkan bahwa akibat dari letusan tersebut suhu bumi menurun hingga 0,4 derajat celcius. Hal ini terjadi karena abu beracun letusan gunung dikeluarkan ke udara, membentuk gumpalan yang mencegah sampainya sinar matahari ke bumi. Letusan tersebut terjadi pada tanggal 18 Februari 1963, kemudian berhenti pada tanggal 27 Januari 1964.

2. Tahun 1989 Terdapat Gempa Tektonik

Tahun 1989, tepatnya  pada bulan Juli, Gunung Agung tercatat pernah terjadi fumarolik dan solfatorik, fenomena ini mengakibatkan puncak gunung mengeluarkan lumut putih tipis, diakhir bulan itu juga tecatat telah terjadi 69 gempa tektonik, baik vulkanik A dan B. Sementara di tahun tersebut, tebatnya pada bulan November tercatat 59 tektonik dan guncangan vulkanik sebanyak dua kali.

3. Pernah Terjadi Anomali Termal di Gunung Agung

Anomali Gunung Agung pernah terjadi pada tahun 2001-2002, fenomena ini terjadi pada puncak  Gunung Agung. Antara tahun 2001-2002 anomali terbesar terjadi pada 12 Agustus dan tanggal 5 Oktober 2002.

4. Mendaki Gunung Agung Tidak Boleh Setiap Waktu

Terdapat pura Besakih di Gunung Agung, pura ini merupakan pura paling tinggi di Bali, oleh karena itu, saat terdapat acara keagamaan, pendaki tidak diperkanankan untuk melakukan pendakian, karena masyarakat dan penganut agama di sekitar Gunung Agung memberlakukan tidak boleh ada yang lebih tinggi dibandingkan dengan pura Besakih. Jadi saat ada acara keagamaan tidak akan diperbolehkan melakukan pendakian.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Fakta Tentang Gunung Agung Ini Jarang Diketahui, Kamu Harus Baca!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in