Tragis! Penderitaan Tentara Wanita Korea Utara Ini Bikin Kita Menangis


Cerita memilukan rakyat Korea Utara (Korut) seperti tak ada habisnya. Bukan hanya tentang kemiskinan dan kelaparan yang sudah sering terdengar.

Wanita Korut yang menjadi tentara pun tak luput dari penderitaan. Seperti yang dialami Lee So Yeon, sebagaimana diberitakan bbc.co.uk.

Tentara Wanita Korut

Berdasarkan undang-undang yang berlaku di Korut, setiap perempuan berusia 18 tahun ke atas diwajibkan mengikuti wajib militer (wamil) selama tujuh tahun. Saat menjalani wamil itulah kehidupan para perempuan tersebut bagai di neraka.

Mereka kerap mengalami kekerasan seksual, termasuk “kewajiban” melayani kebutuhan birahi komandan kompi.

“Komandan kompi akan mendatangi kamar perempuan wamil di unitnya, lalu meminta si perempuan melayani nafsu seksnya,” ungkap So Yeon. “Bila menolak, siap-siaplah menerima tamparan dan pukulan dari si komandan.”

So Yeon telah membelot ke Korea Selatan lebih dari 10 tahun lalu.

Kejadian menyakitkan itu akan terus berlangsung berulang-ulang selama si perempuan mengikuti wamil.

Bukan hanya kekerasan seksual, para perempuan itu juga harus tinggal di kamar-kamar yang tak layak. Kasur tempat mereka tidur terbuat dari sekam padi. Kasur tersebut mengeluarkan bau yang tak sedap, bercampur dengan bau badan mereka.

Para perempuan itu juga diharuskan memasak untuk makan para komandan dan peserta wamil yang lain.

Tak ayal, karena kondisi yang demikian, banyak perempuan wamil yang stres. Akibat stres, siklus menstruasi mereka pun terganggu. Mereka banyak yang tidak mens sampai satu tahun lamanya.

Jahatnya, jika mereka tidak mens, para komandan malah senang. Bagi si komandan, tak datangnya mens akan membuat para perempuan tersebut tidak direpotkan dengan urusan kewanitaan sehingga bisa fokus dengan kegiatan wamil.

Karena fakta inilah, ada dugaan kondisi yang membuat stres itu memang disengaja.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Tragis! Penderitaan Tentara Wanita Korea Utara Ini Bikin Kita Menangis

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in