Deteksi Tanda Peringatan Dini dengan Periksa Diri Sendiri


deteksi dini

Menurut para ahli, kita bisa melihat tanda-tanda peringatan dini penyakit atau bahkan kondisi serius hanya dengan mencermati atau memeriksa bagian-bagian tubuh. Berikut, tanda-tanda peringatan dari bagian tubuh tertentu.

KETIAK

Jika melihat kulit kasar, hitam kemungkinan pertanda Diabetes. Kelebihan insulin di dalam darah aliran darah dapat menyebabkan sel-sel kulit menggandakan diri secara abnormal cepat, lalu membuat timbunan jaringan dan melanin. Hal ini membuat kulit tampak lebih hitam dan lebih tebal, paling umum terjadi di ketiak, leher, dan selangkangan kaki. Periksa  darah sederhana dapat menentukan apakah benar diabetes.

KUKU

Jika melihat garis hitam di bawah kuku.

Kemungkinan pertanda kanker kulit, kanker kulit bukan terjadi di kulit tapi juga bisa berkembang di bawah kuku. Strip kuning kecoklatan atau garis hitam menandakan kerusakan sel, kemungkinan karena kanker melanoma, sejenis kanker kulit yang paling berbahaya. Deteksi dan pengobatan dini dapat menyembuhkan 95% kasus. Konsultasi atau periksa ke dokter ahli dermatologi untuk tanda ini.

Jika melihat strip putih cerah.

Semua orang pernah mengalami bintik putih di kuku, atau kekurangan zat besi. Tapi jika melihat garis horizontal panjang pada permukaan kuku dan anda merasa lelah akhir-akhir ini, kemungkinan kabar buruk untuk ginjal. Garis tersebut bisa mensinyalkan ginjal tidak bisa menyaring protein dari urin. Artinya tubuh kehilangan protein lebih cepat dibandingkan yang bisa kita dapatkan dari makanan, yang dapat menyebabkan gagal ginjal. Segera ke dokter untuk pemeriksaan urin.

KELOPAK MATA, LUTUT, DAN SIKU

Jika melihat bintik seperti tahi lalat lunak berwarna putih atau waxy. Kemungkinan pertanda timbunan kecil kolesterol. Ketika bintik ini muncul, kadar kolesterol anda kemungkinan sudah tinggi dan ini faktor resiko serius untuk penyakit jantung. Menurunkan kadar koleterol hanya 10% dapat mengurangi risiko sampai sepertiga. segera Lakukan pemeriksaan.

KULIT KEPALA

Jika melihat rambut menipis.

Rambut rontok secara berlebihan merupakan indikator umum throid (kelenjar di tengah leher) tidak berfungsi secara tepat, dapat mengganggu keseimbangan hormon seks pria dan perempuan. Akibatnya: lebih banyak rambut yang  rontok dan rambut terasa kasar dan rapuh. Dokter dapat mengukur jumlah hormon penstimulir thyroid di dalam darah, terlalu banyak atau terlalu sedikit, dan apakah perlu obat untuk mengaturnya.

Jika melihat kulit kepala berjatuhan.

Kemungkinan pertanda jika serpihan kulit kepala mendadak membuat bahu seperti salju baru turun, kemungkinan penyebabnya adalah stres. Stres menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol. Selain melemahkan sistem imun (membuat rentan pilek) dan metabolisme (membuat berat badan naik), kortisol juga dapat membuat kulit kepala kering. Shampoo anti ketombe yang dijual di toko obat dapat mengatasi ketombe, tapi jika ingin menghentikan salju bahu secara permanen, dapatkan tidur cukup, bernapas lebih dalam, dan kurangi jadwal yang terlalu padat.

Jika melihat rambut tebal, hitam dalam bentuk diamond dan kasar yang tumbuh sampai ke pusar. Kemungkinan pertanda polycystic ovarian syndrome (PCOS). Kondisi produksi androgen yang berlebihan ini dapat menyebabkan mens yang banyak atau tidak teratur, berat badan naik, jerawat, rambut hitam tebal di perut, wajah, dada dan punggung. Satu diantara 10 perempuan punya PCOS, yang dapat menjadi faktor risiko untuk masalah-masalah penyakit serius seperti infertilitas dan penyakit jantung. Jika punya simpton, segera periksakan.

LIDAH

Jika melihat lapisan putih, kuning, atau orange. Kemungkinan pertanda acid reflux. Kemungkinan ketika tidur terjadi pengeluaran cairan lambung. Normalnya katup pada bagian bawah esophagus memastikan apapun yang sudah turun tidak naik kembali. Acid reflux terjadi ketika katub ini terbuka secara spontan dan cairan perut kembali ke kerongkongan, membuat lidah dilapisi asam pencernaan dan menyebabkan bau napas.

MATA

Jika melihat lingkar hitam dibawah mata yang menetap.

Kemungkinan pertanda alergi. Lingkaran hitam yang muncul mendadak bisa pertanda alergi. Suatu allergen menyerang badan, yang lalu sebagai respon melepaskan histamine. Zat kimia ini membuat pembuluh-pembuluh darah bengkak dengan darah dan cairan lain, dan lingkaran hitam muncul di kulit yang tipis. Tes kulit dapat menentukan allergen penyebab simtom.

Jika melihat tonjolan kekuningan pada bola mata.

Kemungkinan pertanda pinguecula. Nodule yang agak menonjol pada bagian putih mata adalah simptom suatu kondisi tidak berbahaya yang disebut pinguecula. Sejenin pertumbuhan kolagen yang berlebihan yang dipicu kerusakan sinar matahari, angin atau debu. Jaga kelembapan mata dengan obat tetes pelembab mata dan kenakan kacamata surya setiap kali berada diluar ruangan. Pastikan kacamata surya anda memberikan perlindungan 100% terhadap UVA dan UVB untuk mencegah benjolan tumbuh besar.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis


Deteksi Tanda Peringatan Dini dengan Periksa Diri Sendiri

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in