Indahnya Batik Sebagai Hasil Budaya Bangsa


batik

Indonesia merupakan negara yang mempunyai kekayaan yang luar  biasa, baik dari sumber daya alam, adat, warisan budaya maupun  peninggalan sejarahnya. Salah satu warisan budaya yang terkenal baik dalam negeri maupun dunia adalah batik. Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang terkenal di dunia yang banyak digunakan sebagai bahan pakaian.

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak lama. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda penggunaan batik sebagai bahan pakaian dianggap konservatif atau kuno. Karena, persepsi mereka bahwa batik hanya digunakan oleh orang tua atau digunakan pada saat ada acara tertentu.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, semenjak batik diperkenalkan oleh para designer  kreatif Indonesia, maka pandangan generasi muda berangsur berubah sehingga pandangan mereka yang menganggap batik itu kuno menjadi modern. Saat ini batik merupakan salah satu tren dimana banyak dari generasi muda khususnya wanita yang menggunakan batik sebagai bahan dari pakaian mereka.

Selain itu pemerintah apalagi pemerintah daerah banyak yang mengeluarkan kebijakan, mewajibkan kepada Pegawai Negeri Sipil untuk memakai pakaian yang berbahan batik. Dikenal dengan sebutan Rabu batik, atau hari lain yang dikhususkan kepada pegawainya memakai batik.

Sejak Malaysia pernah mengklaim bahwa batik berasal dari Malaysia, barulah bangsa Indonesia tersadar dari mimpinya bahwa batik harus segera dilestarikan kembali keberadaannya. Dan sejak saat itu banyak motif batik bermunculan kembali bahkan sudah menjadi tren kalau batik merupakan pakaian khas bangsa Indonesia. Bahkan oleh UNESCO telah ditetapkan bahwa batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi sejak 2 Oktober 2009

Batik sudah tidak lagi menjadi bahan yang hanya disimpan di dalam lemari dan hanya dikeluarkan jika akan dikenakan dalam acara-acara khusus. Ironisnya, ada sebagian dari masyarakat Indonesia yang menggunakan kain batik untuk selimut pada waktu tidur. Namun, sekarang banyak orang berburu batik untuk dipakai sebagai busana, baik busana santai (kasual) maupun busana untuk acara resmi.

Batik sebagai hasil budaya bangsa harus dilestarikan. Kita khususnya generasi muda harus ikut serta dalam melestarikan batik. Salah satu cara paling mudah yang bisa kita lakukan untuk melestarikan budaya batik adalah dengan memakainya diberbagai kesempatan.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis


Like it? Share with your friends!

0
0 points
What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Indahnya Batik Sebagai Hasil Budaya Bangsa

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in