Geger! Pakar Teknologi Bikin Agama Baru, Tuhannya Ternyata…


Apa jadinya bila ada sebuah agama yang menuhankan kecerdasan buatan? Mantan peneliti Alphabet Google dan Uber, Anthony Levandowski membuat agama baru yang menuhankan teknologi. Pria 37 tahun asal Amerika Serikat itu mendirikan sebuah kelompok keagamaan bernama Way of the Future. Maksud dari kelompok ini adalah menjadikan kecerdasan buatan di atas segalanya.

suratkabar.id
suratkabar.id

Dilansir dari suratkabar.id yang mengambil dari tempo.co, Levandowski merupakan seorang pendiri perusahaan truk otonom Otto yang dibeli Uber pada 2016 kemarin. Dia dipecat Uber karena dituduh mencuri rahasia dagang Google untuk mengembangkan teknologi Otto. Misi kelompok agama Anthony adalah merealisasikan ketuhanan berdasarkan kecerdasan buatan.

The Way of Future tak menanggapi terkait berita tentang Tuhan kecerdasan buatan. Tim tersebut hanya mengatakan bahwa sejatah mencatat teknologi baru dan temuan ilmiah akan terus membentuk suatu agama baru dan “membunuh” Tuhan-Tuhan lama. Sebelumnya juga terdapat sekelompok ahli teknologi Silicon Valley yang mngembangkan konsep kuasi-religius termasuk “singularitas”.

Itu adalah hipotesis bahwa mesin akan menjadi sangat cerdas sehingga suatu saat diprediksi akan mengungguli semua kemampuan manusia. Bagi futuris seperti seorang Ray Kurzweil, agama baru yang diciptakan oleh Anthony Levandowski artinya kita dapat mengunggah salinan otak kita ke sebuah mesin yang menyebabkan keabadian digital. Elon Musk dan Stephen Hawking sudah memperingatkan bahwa sistem tersebut suatu saat akan mengancam eksistensial kemanusiaan.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Comments are closed.

Geger! Pakar Teknologi Bikin Agama Baru, Tuhannya Ternyata…

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in