Mengapa Mendaki Gunung Perlu Untukmu?


Setiap orang punya caranya sendiri dalam mengisi waktu luang, salah satunya dengan mendaki gunung. Bagi sebagian orang mendaki gunung dianggap sebagai kegiatan yang membuang waktu dan berbahaya, namun tidak sedikit pula yang rela mengeluarkan biaya besar untuk sebuah pendakian. Sebenarnya ada beberapa hal yang akan kamu dapatkan manfaatnya ketika mendaki gunung, lebih dari sekedar hobi ataupun untuk mengisi waktu luang. Hal yang akan mengubah pandangan kalian tentang mendaki gunung.

  1. Olah Fisik dan Mental

Mendaki gunung merupakan salah satu cara melatih fisik dan kesehatan tubuhmu, khususnya pada otot-otot kaki. Selain itu, kondisi iklim pegunungan yang berubah-ubah juga melatih kekuatan daya tahan tubuh dalam beradaptasi dengan cuaca. Pengaruh positif lainnya yang didapatkan adalah melatih mental kamu. Yah, mendaki gunung memerlukan kesabaran dan ketelitian, apalagi ketika gunung tersebut memiliki ketinggian di atas 2000 Mps, kamu harus memuliki kesabaran ekstra untuk sampai ke puncaknya.

IMG_0112

  1. Karakter dan Sifat Pendaki

Banyak orang bilang “Jika kamu ingin melihat sifat asli seseorang, ajak dia mendaki gunung”. Bagi pendaki yang tidak memiliki kesabaran, mereka cenderung banyak mengeluh, dan tidak sedikit mengeluarkan emosi saat pendakian. Jika diibaratkan, puncak gunung tersebut adalah mimpi dan cita-citamu, untuk meraihnya tentu diperlukan usaha yang tidak instan, kamu haru melewati prosesnya dengan penuh kesbaran dan kesungguhan, agar apa yang kamu perjuangkan bisa kamu dapatkan.

  1. Kerjasama dan Tolong Menolong

Jika kamu mendaki gunung bersama teman-temanmu, singkirkanlah ego pribadi. Kerja sama dan tolong menolong adalah hal yang sangat diutamakan dalam pendakian. Sikap empati akan membuat semuanya menjadi “satu rasa”, dan saling menyemangati satu sama lain.

  1. Menghargai Nilai dan Tata Krama

Hampir disemua gunung yang dijadikan objek pendakian memiliki mitos, sisi mistis dan aturan yang harus dipatuhi, seperti dilarang merusak tumbuhan selama proses pendakian. Terlepas dari benar atau tidaknya, hal ini lebih mengajarkan kepadamu untuk lebih menghargai alam dan menjaga tutur kata serta perbuatan. Sehingga, Nilai tata krama dan budaya setempat harus tetap terjaga selama kamu mendaki gunung.20120101_070122

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan mendaki gunung. Bagi kalian yang tergolong pemula, jangan pernah memaksakan diri untuk melakukan pendakian seorang diri. Ajaklah temanmu yang memiliki pengalaman dan menguasai medan pegunungan, atau kamu bisa menyewa jasa porter yang biasanya ada disetiap jalur pendakian. Persiapan fisik sebelum pendakian juga diperlukan agar tubuh kamu dapat menyeseuaikan dengan kondisi dan iklim di pegunungan. Bagaimana, sudah siapkah kamu untuk mendaki?

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Mengapa Mendaki Gunung Perlu Untukmu?

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in