Bukan dari Belanda, Ternyata Tulip Berasal dari Negara Ini


Sumber : fanpop.com
Sumber : fanpop.com

Dari manakah bunga tulip berasal? Hampir semua orang pasti menjawabnya berasal dari belanda. Belanda memang terkenal akan keindahan bunga tulipnya. Bahkan bunga tulip sudah dijadikan sebagai lambang bunga Nasional di negara ini. Namun, tahukah anda bahwa ternyata bunga tulip sebenarnya bukan berasal dari Belanda?

Bunga tulip awalnya adalah bunga liar dari Asia Tengah, tepatnya di Pegunungan Hindu di Kazakhstan. Pada awal 1000 Masehi, bunga ini mulai dibudidayakan oleh orang-orang Turki.

Ketika konstatinopel di desain ulang sebagai Istanbul, Sultan Mehmet II memerintahkan agar tulip ditanam di kebun-kebun yang ada di istana. Sultan Mehmet II sendiri adalah seorang yang sangat gemar berkebun. Di waktu luangnya, dia sering berkebun di taman Istana Topkapi.

Penguasa turki selanjutnya, Sultan Suleyman, sangat menyukai bunga tulip. Dia memerintahkan untuk menspesialkan penanaman dan penggunaan bunga tulip di Istanbul. Hal ini membuat bunga tulip lebih istimewa di bandingkan mawar pada saat itu.

Bunga tulip pertama kali diimpor ke Belanda pada abad ke 16 oleh Oghier Ghislain de Busbeq, seorang duta besar Kaisar Ferdinand I. Pada saat itu, ia sedang berkunjung untuk menemui Sultan Suleyman, penguasa Kekaisaran Ottoman saat itu. Oghier Ghislan langsung terkejut melihat bunga yang sangat indah tumbuh di istana kerajaan di Istanbul. Ia pun meminta bibit bunga itu dan mengirimnya ke Carolus Clusius di Praha untuk dibudidayakan. Dari sanalah akhirnya bunga tulip mulai menyebar ke Eropa.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Bukan dari Belanda, Ternyata Tulip Berasal dari Negara Ini

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in