Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Merusak Ginjal, Lho, Masih Bandel?


sumber: food.ndtv.com
sumber: food.ndtv.com

Seperti kita tahu, ginjal adalah salah satu organ vital tubuh yang memiliki banyak fungsi. Salah satunya, ginjal berfungsi membuang sampah atau racun dari tubuh melalui air seni. Dilansir Boldsky.com, ginjal juga berfungsi mempertahankan cairan yang tepat dan keseimbangan electrolyte dalam tubuh, serta mempertahankan substansi untuk ekskresi seperti, gula, sel darah, sejumlah vitamin dan mineral. Fungsi ginjal begitu luar biasa bagi tubuh, maka upayakan menjaganya dan hindari kebiasaan buruk yang berpotensi merusak ginjal anda.

Konsumsi garam berlebih

ginjal
sumber: engageorganics.com

Konsumsi sodium berlebih dapat meningkatkan tekanan darah yang akan menyebabkan tekanan pula pada ginjal. Orang yang menderita tekanan darah tinggi baiknya mengonsultasikan kondisi ginjal pada dokter sebagai langkah awal pencegahan dampak lebih buruk lagi.

Soda dan kafein

Konsumsi berlebih minuman soda atau kafein berlebih ternyata juga berpotensi  merusak ginjal. Selain itu, juga dapat menyebabkan tekanan darah yang memperburuk kondisi ginjal.

Kurang tidur

Tidur yang cukup dapat membantu perbaikan dan regenerasi jaringan ginjal. Kurang tidur dapat menyebabkan efek buruk pula bagi ginjal. Seperti kita tahu, waktu tidur yang baik adalah 8 jam sehari.

Kurang minum air putih

Banyak orang menyepelekan manfaat minum air putih.. Hal ini menyebabkan penumpukan racun kimia pada ginjal yang juga menyebabkan kerusakan. Toksin atau racun ini menumpuk dalam darah dan berpotensi merusak organ penting lainnya.

Kurang konsumsi vitamin B6

Riset menunjukkan bahwa vitamin B6 sangat penting bagi fungsi ginjal. Kekurangan vitamin B6 dapat meningkatkan risiko penyakit atau timbulnya batu ginjal. Konsumsilah makanan yang kaya vitamin B6, seperti sayuran buncis atau kentang.

Konsumsi alkohol

sumber: greatist.com
sumber: greatist.com

Toksin alias racun yang ada dalam alkohol tak hanya merusak organ liver, tapi juga ginjal. Hal ini juga menyebabkan ginjal bisa rusak secara perlahan.

Merokok

Semua orang tahu bahwa merokok dapat merusak kesehatan dan menyebabkan dampak negatif bagi tubuh. Penyempitan pembuluh darah akibat kebiasaan merokok dapat berdampak pada suplai darah ke semua organ vital, termasuk ginjal. Berdasarkan penelitian, dua rokok sehari saja, dapat membahayakan kondisi ginjal.

 

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
1
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Comments are closed.

Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Merusak Ginjal, Lho, Masih Bandel?

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in