Irma, Katrina, Harvey? Inilah Alasan Mengapa Angin Topan Diberi Nama Manusia


Badai topan Harvey dan Irma telah menghancurkan Karibia dan Pantai Teluk AS selama beberapa hari ini. Irma tak tanggung-tanggung, sebentar lagi dia akan menghantam Florida.

Bulan April hingga November memang musim badai Atlantik. Namun tahu ini musim badai lebih aktif dari beberapa tahun belakangan. Ada sepuluh badai dan empat topan yang tercatat sejauh ini.

Sumber: abcnews.com
Sumber: abcnews.com

Irma yang menyerang daratan pada hari Rabu adalah topan Atlantik paling kuat yang pernah terjadi. Lebih kuat dari Katrina, Sandy dan Matthew yang kesemuanya meratakan rumah-rumah, mencabut pohon dari bumi, dan menewaskan banyak orang.

Lalu mengapa badai topan diberi nama orang?

Alasan utamanya, nama orang lebih mudah diingat ketimbang kode dan angka. Menurut WMO, nama-nama ini lebih berhubungan dengan manusia dibandingkan istilah-istilah teknis, sehingga memudahkan dalam membuat peringatan dan pesan pada masyarakat lewat media.

Jika masyarakat mudah memahami peringatannya, maka kemungkinan mereka bersiap dan menyelamatkan diri akan lebih baik pula.

Sumber: mirror.co.uk
Sumber: mirror.co.uk

Ini juga berlaku bagi kapal-kapal di laut dan pangkalan-pangkalan di pantai, dan stasiun pengawasan untuk saling berbagi informasi dengan lebih mudah dan efisien.

Nama-nama angin topan ini dipilih secara alfabetik. Saat ini ada enam daftar nama yang berotasi setiap enam tahun.

Nama-nama perempuan memang digunakan secara tradisional untuk menamai angin topan. Baru kemudian pada tahun 1979 nama laki-laki mulai digunakan. Ada 21 nama pada daftar musim Atlantik—badai Pasifik, topan cyclone, dan topan typhoon memiliki nama-nama yang berbeda-beda.

Sumber: mirror.co.uk
Sumber: mirror.co.uk

Tapi huruf Q, U, X, Y, dan Z tidak pernah digunakan untuk menamai angin topan.

Nama-nama ini juga tidak dipilih random, melainkan dipilih berdasarkan nama yang dikenal orang di daerah-daerah tertentu. Maka Irma bisa jadi dipilih karena nama itu umum digunakan di Florida.

Sumber: mirror.co.uk
Sumber: mirror.co.uk

Nama-nama ini juga akan berhenti digunakan pada akhirnya, jika badai topan yang terjadi sangatlah besar dan merusak, jumlah korban juga jauh lebih besar, sehingga tidak sensitif atau sopan jika digunakan lagi.

Rapat komite WMO tahunan memutuskan apakah mereka harus mem-pensiunkan beberapa nama ini. Katrina, Sandy, dan Matthew telah dihilangkan. Suatu saat Irma juga akan berhenti digunakan.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Irma, Katrina, Harvey? Inilah Alasan Mengapa Angin Topan Diberi Nama Manusia

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in