Astaghfirullah, Ternyata Ini Resiko Haji Jika Menggunakan Uang Haram


Masing – masing orang tentunya mampu untuk melaksanakan ibadah haji secara fisik namun terkadang belum secara materi. Dan pastinya setiap muslim yang melakukan ibadah haji akan serius dan bersungguh – sungguh agar cepat menjadi haji yang mabrur.

a

Dijelaskan dalam sebuah buku, haji yang mabrur adalah haji yang diterima oleh Allah SWT karena ibadah hajinya dilakukan dengan baik dan benar serta dengan bekal yang halal, suci dan bersih. Tetapi pernahkah kamu berpikir bagaimana jadinya jika ibadah haji dilaksanakan menggunakan uang haram? Jika ada seseorang berangkat haji dengan menggunakan uang haram, maka resiko besar ini akan didapatkannya. Apa ya?

a

Resiko haji jika menggunakan uang haram yang dimaksud adalah ibadah hajinya tidak diterima oleh Allah SWT dan bahkan tidak mendapatkan pahala sedikit pun, maka bisa dikatakan seseorang itu sia – sia menunaikan haji. Tidak mendapat pahala justru mendapat dosa, walaupun secara praktek tetap sah. Karena Allah Swt hanya menerima sesuatu yag diraih dengan halal.

a

Hal itupun sesuai dengan sabda Rasulullah saw yang berbunyi, “sesungguhnya Allah itu baik, Allah tidak menerima kecuali yang baik” (HR. Muslim).

Selain itu juga hal tersebut diperkuat dengan sabda Rasulullah saw yang berbunyi, “Jika seseorang pergi menunaikan haji dengan biaya dari harta yang halal dan kemudian mengucapkan, “Labbaikallaahumma labbaik.”” Maka berkata penyeru dari langit, “Allah menyambut dan menerima kedatanganmu dan semoga kamu berbahagia. Pembekalanmu halal, pengangkutanmu juga halal, maka hajimu mabrur, tidak dicampuri dosa.”

Para ulama pun telah sepakat jika haji menggunakan uang haram maka hukumnya tidak sah meskipun telah melaksanakannya sesuai cara.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Comments are closed.

Astaghfirullah, Ternyata Ini Resiko Haji Jika Menggunakan Uang Haram

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in