Tradisi Gali dan Mandikan Mayat Ini Benar Nyata, Bikin Merinding!


Dilansir dari laman Dailygosh, ternyata Indonesia masih menganut tradisi yang sangat tak lazim yang menyangkut pautkan terhadap hal-hal mistis dan kehidupan nyata. Tradisi tak lazim tersebut masih sering dilakukan di daerah Toraja, Sulawesi Selatan. Masyarakat Toraja menyebut Tradisi tersebut sebagai Ma’Nene yang artinya ‘mayat berjalan’.

mayat dimandikan

Tradisi aneh ini dilakukan setiap 3 tahun sekali. Tradisi ini bertujuan untuk mempermulia mayat dan juga untuk mengenang jasa orang yang telah meninggal tersebut. Ma’Nene sudah lama ada sejak zaman nenek moyang masyarakat daerah pedalaman Pegunungan Sesean. Ritual tersebut diamalkan sejak ratusan tahun lalu, diawali oleh seorang pemburu binatang yang bernama Pong Rumasek. Masyarakat Toraja percaya bahwa keluarga yang sudah meninggal akan kekal dengna keluarga yang masih hidup.

mayat dimandikan 2

Bagi para ahli waris yang melakukan upacara tradisi Ma’Nene ini, persiapan dilakukan sejak pagi buta dimana seluruh keluarga saat itu berkumpul di satu rumah sehari sebelum dilakukannya ritual. Mayat yang digali tak boleh dibawa pulang secara langsung, perlu ada penyembelihan babi maupun kerbau terlebih dulu. Nantinya, semua penduduk ikut serta di ritual ini. Tapi hanya keluarga besar saja yang boleh menurunkan keranda karena pekerjaan itu perlu kehati-hatian.

mayat dimandikan 3

Setelah ‘dibangkitkan’, selain membungkus mayat dengan pakaian, para ahli waris pria juga akan membuat lingkaran, lalu menyanyikan sebuah lagu kesedihan. Mayat tersebut pun kemudian dibiarkan berdiri dalam waktu ayng cukup lama. Para keluarga yang ditinggalkan kemudian akan tunduk sebagai simbol utnuk memberi hormat.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
1
Love

Comments are closed.

Tradisi Gali dan Mandikan Mayat Ini Benar Nyata, Bikin Merinding!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in