Ini Fakta Ashin Wirathu, Sosok Penggerak Penindas Rohingya


Ashin adalah seorang penggerak para umat Buddha untuk menyerang masyarakat Rohingya. Sebelum tragedi keji tersebut mencuat, Ashin ternyata pernah dipenjara lantaran memicu pertengkaran antar agama. Duh, lalu apa saja fakta-fakta tentang Ashin selain dirinya pernah dipenjara ya? Penasaran? Langsung saja dibaca sampai habis!

ashin wirathu 2

1. Majalah TIME menjuluki Ashan “The Face of Buddhist Terror”

Majalah TIME pernah menyebut Ashin Wirathu sebagai salah seorang tokoh terkontroversial di muka bumi. Ashin disebut membenci kaum muslim serta khawatir terhadap perkembangan agama samawi disana. Kaum gerakan 969 sering membuat gosip tentang aksi biadabn para umat muslim. Karena perilaku tersebut, Ashin mendapat julukan sebagai “Buddhist Bin Laden” dari para media.

2. Berpikir muslim Myanmar sebagai ancaman umat Buddha

Ashin menyebut saat ini kaum Buddha tengah dalam bahaya. Dikutip dari The Economist, Ashin sempat mengatakan dulunya Indonesia merupakan sebuah negara Budha dan Hindu sebelum akhrinya jatuh ke tangan Islam. Ashin menilai Myanmar saat ini bisa menjadi seperti Indonesia.

ashin wirathu 3

3. Pernah terrgabung gerakan anti-Islam

Kelompok 969 diciptakan untuk melancarkan serangan terhadap muslim, termasuk benda milik mereka. Kelompok itu mengacu pada 9 atribut Buddha, 6 ajaran fundamental, serta 9 perintah monastik yang terkait pada unsur spiritual agar bisa mencapai nirwana.

4. Penggagas Ma Ba Tha, organisasi ekstrimis Buddha Myanmar

Ma Ba Tha adalah organisasi yang didirikan saat konferensi biksu-biksu di Mandalay. Tujuan mereka ialah membela kaum Buddhisme. Organisasi tersebut dikepalai komite pusat yang beranggotakan 52 orang, termasuk Ashin

5. Gembira saat aktivis muslim Ko Ni meninggal

Ko Ni adalah pengacara serta aktivis HAM yang sangat getol membela etnis Rohingya, namun belum lama ini dia ditembak mati di sebuah Bandara setempat. Kesedihan tampak terlihat dari banyak muka pemuka agama Buddha ketika pemakaman Ko Ni. Terkecuali Ashin yang malah bersuka cita mengetahui kabar tersebut.

ashin wirathu

6. Menganggap dirinya setara dengan Donald Trump

Dikucilkan oleh pemerintah Myanmar, Ashin justru merasa memiliki persamaan pandangan terhadap Islam dengan Presiden Donald Trump. Kampanye Trump dulu banyak mengungkit topik anti-Islam dengna melarang kaun Islam masuk Amerika dan meningkatkan pengawasan pada masjid-masjid di Amerika.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Comments are closed.

Ini Fakta Ashin Wirathu, Sosok Penggerak Penindas Rohingya

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in