Benarkah Tinggi Nabi Adam AS Capai 30 Meter? Ini Faktanya!


Sebagai manusia pertama yang menghuni bumi, tidak banyak yang bisa menjelaskan mengenai ciri-ciri fisik dari sosok Nabi Adam AS. Hanya terdapat sedikit fakta mengenai gambaran fisik Nabi Adam AS. Salah satunya ialah tentang tinggi badannya yang disebut-sebut 60 hasta alias 30 meter. Pernyataan tersebut dijelaskan Nabi Muhammad SAW melalui Hadist yang diriwayatkan Al-Bukhari.

nabi adam

“Mereka yang pertama masuk surga seperti rembulan yang bersinar, rombongan berikutnya seperti bintang yang paling terang di langit, mereka tidak buang air kecil, tidak buang air besar, istri-istri mereka adalah para bidadari, mereka semua dalam satu perangai, rupa mereka semua seperti rupa ayah mereka Nabi Adam a.s yang tingginya 60 hasta menjulang ke langit.” (HR Al-Bukhari)

nabi adam 3

Hal tersebut kemudian diperkuat lagi dengan penelitian yang dilakukan oleh salah seorang pakar bernama Shlomi Lesser yang berasal dari Hebrew University. Melalui jurnal berjudul Ha-Mada Ha-Yisraeli B’Angleet V’Ivreet. Shlomi mengatakan bahwa jika rata-rata tinggi manusia seperti saat ini, tinggi leluhur pertama manusia maka seharusnya mencapai 90 kaki alias 30 meter.

nabi adam 2

Dijelaskan olehnya, pasalnya manusia terus-menerus mengalami penyusutan ukuran badan dari generasi ke generasi yang ia sebut dengan nama genetic bottleneck. Bahkan, bila seandainya tak ada terobosan yang dilakukan pada bidang gizi saat abad ke-17 hingga 18, tinggi manusia yang ada saat ini diyakini jauh lebih pendek lagi dari tinggi rata-rata manusia yang hidup pada saat ini.

Nulis adalah platform citizen journalism, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis

Comments are closed.

Benarkah Tinggi Nabi Adam AS Capai 30 Meter? Ini Faktanya!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in