Inilah 6 Fakta Sosok Halimah Yacob, Mantan Penjual Nasi Padang yang Kini Jadi Presiden Singapura


halimah-yacob-hariraya-pap-aljunied-singapore-ge2015-welfare

Halimah Yacob (63) kini tengah menjadi sorotan dunia. Pasalnya, dia terpilih menjadi Presiden Singapura ke-8 menggantikan Tony Tan Keng Yam. Politisi Etnis Melayu tersebut merupakan satu-satunya dari tiga kandidat calon Presiden yang mendapatkan sertifikasi kelayakan untuk pemilihan Presiden tahun 2017, yang diperuntukkan bagi Etnis Melayu.

Dua kandidat calon presiden lainnya, Mohamed Salleh Marican dan Farid Khan tidak memenuhi sertifikasi kelayakan yang di syaratkan undang-undang Singapura. Berikut 6 fakta Halimah Yacob, mantan penjual nasi Padang  yang kini jadi presiden Singapura.

1. Masa Kecil Halimah Berjualan Nasi Padang

Masa kecil yang dijalani seorang Halimah tidaklah mudah. Ayahnya meninggal ketika dia berusia 8 tahun. Demi menghidupi ke-lima anaknya, ibunya Halimah berjualan nasi Padang. Meski menjadi anak bungsu, Halimah kecil tidak sungkan membantu ibunya berjualan nasi Padang.

2. Masa Pendidikan Halimah

Halimah secara luarbiasa berhasil diterima di dua sekolah bergengsi tingkat SMP dan SMA. Dia merupakan segelincir Etnis Melayu yang bersekolah di SMP Chinese Girls School SMA Tanjong Katong Girls. Kemudian Halimah melanjutkan studinya di National University of Singapura. Kecerdasan yang dimilikinya membuat Halimah dianugerahi beasiswa dari Islamic Religious Council of Singapura.

3. Pada 1978 Halimah Berkarir di NTUC

National Trades Union Cogress (NTUC) merupakan organisasi perburuhan di Singapura. Dia memulai karirnya sebagai devisi hukum NTUC untuk memperjuangkan hak-hak kaum buruh. Nama Halimah sangat populer di kalangan kaum buruh, karena dia berkarir selama 30 tahun di NTUC.

4. Pada 2001 Halimah Terjun ke Politik

Pada tahun 2001, atas saran dari Perdana Menteri Goh Chok Tong, Halimah memutuskan terjun ke dunia politik. Dia terpilih mewakili konstituensi Jurong, sekaligus mengukir sejarah sebagai wanita pertama yang menjadi anggota parlemen dari Etnis Melayu.

5. Pada 2013 Halimah Terpilih Sebagai Ketua DPR Singapura

Sebelum terpilih menjadi ketua DPR Singapura, Halimah sempat ditunjuk menjadi anggota kabinet dengan posisi menteri muda di berbagai kementerian. Nama Halimah Yacob tercatat sebgai perempuan pertama yang mampu menduduki posisi ketua DPR Singapura.

6. Halimah Terpilih Menjadi Presiden Singapura

Setelah menjabat sebagai ketua DPR Singapura, Halimah Yacob satu-satunya calon yang dinyatakan lolos sertivikasi kelayakan untuk pemilihan presiden tahun 2017, yang diperuntukkan untuk Etnis Melayu. Halimah yacob akan diambil sumpahnya sebagai presiden ke-8  Singapura di Istana Kepresidenan pada Rabu Malam (13/9/2017).


Like it? Share with your friends!

0
0 points
What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Inilah 6 Fakta Sosok Halimah Yacob, Mantan Penjual Nasi Padang yang Kini Jadi Presiden Singapura

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in