Benarkah Kalender ‘Hijriyah’ Umat Islam Hanya Sampai 1500 Tahun? Berikut Penjelasannya!


Nulis 69

Hijriyah merupakan sistem penanggalan yang digunakan oleh umat islam yang ada di seluruh penjuru dunia. Jumlahnya sama seperti pada kalender masehi. Sama-sama berjumlah 12 bulan. Jumlah hari dalam 1 bulan hijriyah berkisar antara 29-30 hari. Berbicara tentang kalender Hijriyah, benarkah kalender Hijriyah umat islam hanya sampai 1500 tahun? Padahal saat ini kalender Hijriyah sudah berjalan pada tahun yang ke 1438. Jika benar, adakah hadis atau hukum mendasar yang menguatkan pernyataan tersebut?

Saat ini, banyak sekali kalangan yang membenarkan dan mempercayai pernyataan tersebut. Pernyataan tersebut berasal dari buku ” Huru Hara Akhir Zaman”. Buku tersebut ditulis oleh Amin Jamaluddin. Dalam buku tersebut, banyak sekali hadis-hadis yang menjelaskan tentang huru hara pada akhir zaman. Hadis-hadis tersebut belum terbukti kebenarannya dan masih diperbincangkan oleh para ulama terkemuka yang ada di dunia.

Nulis 69-1

Salah satu hadis yang terdapat dalam buku tersebut yaitu “Pada bulan Ramadhan terlihat tanda-tanda di langit, seperti tiang yang bersinar. Pada bulan Syawwal terjadi malapetaka. Pada bulan Dzulqa’idah terjadi kemusnahan. Dan Pada bulan Dzulhijjah para jama’ah haji dirampok”. (HR. Nu’aim bin Hammad)”.

Hadis tersebut menjelaskan tentang huru hara yang terjadi pada akhir zaman. Amin Jamaluddin menjelaskan bahwa hadis yang ada pada bukunya adalah shahih. Namun pernyataan ini justru ditentang oleh para ulama terkemuka yang ada di dunia karena terbukti tidak shahih. Hadis ini juga tidak dapat dijadikan acuan dalam urusan agama. Hadis tersebut juga sebenarnya sama sekali tidak pernah dikatakan sebagai sabda Rasulullah Saw. Dan Rasulullah Saw akan memberikan ancaman yang sangat tegas kepada orang-orang yang mengatakan bahwa suatu lafadz itu merupakan perkataan beliau, padahal beliau sendiri tidak pernah mengatakannya.

Nulis 69-2

“Siapa yang berdusta tentang aku secara sengaja, maka hendaklah dia menyiapkan tempat duduknya di neraka”. (HR. Muttafaqun ‘alaih). Selain itu, dalam buku tersebut juga tidak ada penjelasan bahwa kalender Hijriyah umat islam hanya sampai 1500 tahun. Buku tersebut hanya menjelaskan tentang huru hara di akhir zaman saja.

Tidak ada satupun hadis shahih yang menyakan bahwa kalender Hijriyah umat islam hanya sampai 1500 tahun. Maka dari itu, pernyataan yang menyatakan bahwa kalender Hijriyah hanya sampai 1500 tahun terbukti salah dan tidak benar.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Benarkah Kalender ‘Hijriyah’ Umat Islam Hanya Sampai 1500 Tahun? Berikut Penjelasannya!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in