Anggota Suku Terasing Amazon Dilaporkan Tewas Dibantai di Brasil


Uncontacted Amazon tribe members

Mereka adalah anggota sebuah suku yang tidak terjamah mengumpulkan telur di sepanjang sungai di bagian terpencil Amazon. Kemudian, tampaknya, mereka memiliki nasib buruk untuk turun ke area penambang emas.

Sekarang, jaksa federal di Brasil telah membuka penyelidikan terhadap pembantaian yang dilaporkan terhadap sekitar 10 anggota suku tersebut, bukti terbaru bahwa ancaman terhadap kelompok-kelompok masyarakat yang terancam punah terus meningkat di negara tersebut.

Badan Brasil untuk urusan pribumi, Funai, mengatakan telah mengajukan keluhan ke kantor kejaksaan di negara bagian Amazonas setelah para penambang emas pergi ke sebuah bar di dekat perbatasan dengan Kolombia, dan membual tentang pembunuhan tersebut. Mereka mengacungkan dayung berukir tangan yang mereka katakan berasal dari suku tersebut, kata agensi tersebut.

“Itu adalah pembicaraan bar mentah,” kata Leila Silvia Burger Sotto-Maior, koordinator Funai untuk suku-suku yang tidak terkontaminasi dan baru-baru ini dihubungi. “Mereka bahkan membual tentang memotong mayat dan melemparkannya ke sungai.”

Para penambang tersebut, katanya, mengklaim bahwa “mereka harus membunuh mereka atau dibunuh.”

Ibu Sotto-Maior mengatakan pembunuhan tersebut telah dilaporkan terjadi bulan lalu. Biro urusan pribumi melakukan beberapa wawancara awal di kota dan kemudian membawa kasus tersebut ke polisi.

“Ada banyak bukti, tapi perlu dibuktikan,” katanya.

Jaksa penuntut yang menangani kasus ini, Pablo Luz de Beltrand, mengkonfirmasi bahwa sebuah penyelidikan telah dimulai, namun mengatakan bahwa dia tidak dapat mendiskusikan rincian kasus tersebut saat sedang dilakukan.

Dia mengatakan bahwa episode tersebut diduga terjadi di Lembah Javari – cadangan pribumi terbesar kedua di Brasil – di barat yang jauh.

“Kami menindaklanjuti, tapi wilayahnya besar dan akses terbatas,” kata Beltrand. “Suku-suku ini tidak terkontaminasi – bahkan Funai hanya memiliki informasi sporadis tentang mereka. Jadi kerja keras yang mengharuskan semua departemen pemerintah bekerja sama. ”

Beltrand mengatakan bahwa inilah episode kedua yang dia selidiki tahun ini. Pembunuhan pertama orang Indian yang tidak terkontaminasi di wilayah tersebut terjadi pada bulan Februari, dan kasus tersebut masih terbuka.

“Ini adalah pertama kalinya kami menangani kasus semacam ini di wilayah ini,” katanya dalam sebuah wawancara telepon. “Ini bukan sesuatu yang terjadi sebelumnya.”

Survival International, sebuah kelompok hak ulayat global, memperingatkan bahwa mengingat ukuran kecil suku Amazon yang tidak terkontaminasi, episode terakhir ini bisa berarti bahwa persentase yang signifikan dari kelompok etnis terpencil telah musnah.

“Jika penyelidikan tersebut mengkonfirmasikan laporan tersebut, ini akan merupakan pembantaian genosida lain yang dihasilkan langsung dari kegagalan pemerintah Brazil untuk melindungi suku terasing – sesuatu yang dijamin dalam Konstitusi,” kata Sarah Shenker, seorang juru kampanye senior dengan kelompok hak asasi manusia tersebut.

Di bawah presiden Brasil, Michel Temer, dana untuk urusan pribumi telah disayat.

Pada bulan April, Funai menutup lima dari 19 basis yang digunakannya untuk memantau dan melindungi suku-suku yang terisolasi, dan mengurangi jumlah staf pada orang lain. Basis digunakan untuk mencegah invasi oleh penebang kayu dan penambang dan untuk berkomunikasi dengan suku yang baru dihubungi.

Tiga dari basis tersebut berada di Lembah Javari, yang dikenal sebagai Frontier Tidak Terkontaminasi dan diyakini merupakan rumah bagi suku-suku yang lebih tidak terkontaminasi daripada di tempat lain di Bumi.

Sekitar 20 dari 103 suku yang tidak terkontaminasi yang terdaftar di Brazil berada di Lembah.

“Kami memiliki masalah dengan pemerintah sebelumnya, tapi tidak seperti ini,” kata Ms Sotto-Maior, koordinator Funai.

Anggaran agensinya tahun ini untuk departemen suku yang tidak terkontaminasi hanya dua juta reais, atau sekitar $ 650.000, turun dari 7,5 juta reais pada tahun 2014. “Apa yang bisa saya lakukan dengan dua juta reais?” Katanya.

Presiden Temer, yang sangat tidak populer, telah meminta dukungan dari lobi pertanian, peternakan dan pertambangan yang kuat untuk mendorong perubahan ekonomi melalui Kongres dan melindungi dia dari penyelidikan korupsi.

Bulan lalu, majelis rendah Kongres memilih untuk membebaskannya dari pengadilan karena korupsi di Mahkamah Agung, namun baru setelah presiden membagikan pekerjaan dan menyetujui serangkaian konsesi, banyak di antaranya mempengaruhi peraturan deforestasi dan peraturan hak atas tanah yang telah berlangsung lama.

Sebuah dekrit oleh Tuan Temer yang membuka cadangan besar di Amazon untuk pertambangan memicu sebuah protes internasional. Setelah seorang hakim memblokir keputusan tersebut, pemerintah mengumumkan bahwa mereka akan merevisi keputusannya, namun para kritikus sangat waspada.

Dengan perselisihan tanah yang terus berlanjut di banyak daerah terpencil di Brasil, kelompok masyarakat adat, pekerja pedesaan dan aktivis tanah semuanya telah menjadi sasaran kekerasan.

Lebih dari 50 orang telah terbunuh pada akhir Juli, dibandingkan dengan 61 di seluruh tahun 2016, menurut Land Pastoral Commission.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Anggota Suku Terasing Amazon Dilaporkan Tewas Dibantai di Brasil

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in