Inilah Makanan ‘Perusak’ Otak yang Harus Diwaspadai


fast-food-fact

Gambar: factretriever.com

Otak selalu membutuhkan berbagai asupan pendukung agar mampu bekerja dengan baik. Karena kinerjanya cenderung selalu aktif untuk digunakan dalam berpikir, berkonsentrasi, dan membantu menambahkan kreativitas dalam bekerja sehari – hari. Tapi bagaimana jadinya kalau otak tak lagi bekerja dengan baik, apalagi sampai kehilangan fungsi kognitifnya….?. Agar otak selalu sehat, setidaknya kita harus memperhatikan beberapa hal yaitu : Memiliki waktu tidur yang cukup, mengatur pola makan, rajin konsumsi air putih, olahraga, dan menghindari polusi yang buruk.

Dilansir dari curejoy.com ( retrieved 10/09/2017 ), ternyata ada juga jenis makanan yang harus diperhatikan, karena semua makanan tersebut disinyalir mengandung beberapa zat yang mampu merusak kemampuan sistem kognitif otak.

  • Makanan Tinggi Merkuri dan Logam berat

Jika kita terlalu banyak konsumsi makanan dengan kandungan logam berat yang tinggi, akibatnya akan menjadikan otak mengalami penurunan kognitif. Apalagi telah ada temuan pada sebagian makanan seafood, yang secara tidak disengaja mengandung tinggi merkuri, di antaranya : ikan tuna bigeye, ikan sirip kuning, dan ikan todak.

Bukan berarti semua jenis ikan tersebut tidak boleh dikonsumsi, tapi kalau memakannya secara bijak dan tidak terlalu berlebihan masih tetap aman. Dan setidaknya selama kehamilan, hindarilah terlebih dahulu untuk mengonsumsinya, karena hal itu disinyalir akan mampu merusak sistem saraf bayi dalam kandungan.

  • Makanan Tinggi Sodium

Terhambatnya suplai darah ke otak, sering kali diakibatkan oleh terlalu seringnya tubuh mendapat asupan sodium dengan kadar di luar batas maksimal. Mengonsumsi makanan seperti kecap dan saus yang kirannya memiliki kadar sodium cukup tinggi, sebaiknya haruslah diperhatikan kembali. Selain tekanan darah tinggi, mengonsumsi makanan bersodium tinggi juga mampu merusak kesehatan otak secara perlahan.

  • Makanan Rendah Vitamin D

Kurang mendapat asupan vitamin D apalagi di usia tua, maka hal demikian juga akan memicu kerusakan fungsi kognitif otak lebih cepat. Sebaiknya, jangan lewatkan pula konsumsi makanan yang tinggi vitamin D seperti : telur, ikan salmon dan susu. Dengan begitu, timbulnya kerusakan pada otak akan lebih mudah dihindarkan.


Like it? Share with your friends!

0
0 points
What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Inilah Makanan ‘Perusak’ Otak yang Harus Diwaspadai

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in