3 Makanan Perusak Ginjal yang Wajib Anda Jauhi Sekarang Juga


chicken-nuggets-with-honey-mustard

Batu ginjal sering kali menghambat proses pembuangan limbah beserta racun – racun dalam tubuh. Kalau ginjal kita sehat, tentu semua kotoran dalam tubuh kita dapat dibuang secara lebih efisien. Tapi, mengapa secara tidak sengaja ginjal kerap kali dihinggapi terdapatnya sebuah endapan kristal yang membentuk batu ini..?

Sebenarnya adanya endapan batu di ginjal bisa saja terjadi karena beberapa penyebab misalnya, riwayat hidup, sering kali duduk terlalu lama ( kurang gerak ), kurang asupan minum air putih, obesitas dan sebagainya. Dilansir dari Curejoy.com ( retrieved 09/09/2017 ), selain semuanya itu, ternyata terdapat pula jenis – jenis makanan yang menyebabkan batu ginjal, sebagai berikut :

1. Makanan Tinggi Natrium

Disebutkan dalam Clevelan Clinic, bahwa konsumsi makanan bernatrium tinggi secara berlebihan ternyata sangat mengganggu produktivitas senyawa alami, yang bertugas menghambat munculnya batu ginjal. Karena Natrium sendiri akan meningkatkan kadar kalsium dan menurunkan kadar sitrat, yang seberanya dibutuhkan oleh ginjal sebagai penghambat alami dari pembentukan endapan kristal tersebut. Artinya, jika tubuh kita terlalu banyak Natrium, otomatis risiko pembentukan batu ginjal akan semakin meningkat. Salah satu makanan tinggi Natrium adalah Garam.

2. Pemanis Buatan

Pemanis buatan memang bisa mengganggu fungsi ginjal dalam jangka panjang. Kalau terlalu sering mengonsumsinya, maka lama – lama akan membuat kinerja ginjal lemah, sehingga memicu risiko perkembangan endapan kristal pada ginjal. Maka sebaiknya takarlah kembali asupan pemanis semacam ini, atau kamu dapat menggantikannya dengan pemanis alami seperti madu.

3. Makanan Kaya Purin

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Endokrinologi Klinis dan Metabolisme, menemukan bahwa zat Purin yang sering ditemukan pada protein hewani seperti : Daging, ikan dan kerang, ternyata dapat memicu timbulnya batu ginjal dan asam urat. Akhirnya dapat memicu tekanan khusus pada ginjal, serta membuat ginjal kesulitan dalam membuang limbah secara efisien. Sebenarnya makanan hewani cukup menyehatkan bagi tubuh, tapi kalau terlalu berlebihan, apalagi sampai mengandung banyak kandungan Purin di dalamnya, maka juga kurang baik untuk kesehatan ginjalmu.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

3 Makanan Perusak Ginjal yang Wajib Anda Jauhi Sekarang Juga

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in