Nostalgia dengan Duwet, Tanaman Era 90an yang Bikin Kangen Masa Kecil


Bagi mereka yang menjalani masa kecil di era 90an pasti kenal dengan tanaman duwet. Istilah lainnya adalah Juwet atau Jamblang. Tanaman ini dulu mudah ditemukan di tepi sungai, pinggir jalan kampung, atau di halaman belakang rumah warga. Tinggi pohonnya bisa mencapai 30 meter, dengan daun yang lebat dan buah yang menggantung bergerombol semacam anggur. Karena itu buah ini juga dijuluki Anggur Jawa.

Screenshot_2017-09-09-22-36-54-1

Buah duwet berbentuk seperti anggur tapi sedikit lonjong dengan warna ungu kehitaman. Ketika sedang musim duwet, buahnya rimbun bergerombol di dahan-dahan pohon. Jaman dulu, anak kecil banyak yang rela memanjat pohon duwet demi mengambil buahnya. Keberadaan pohon duwet yang gampang dijumpai membuat duwet banyak diperjualbelikan di pasar. Buah ini dijual di wadah kantong plastik kecil. Ibu-ibu juga sering membeli duwet untuk oleh-oleh sepulang dari pasar.

Screenshot_2017-09-09-22-38-59-1

Duwet memiliki rasa yang unik. Semacam sepat, manis dan asam jadi satu. Anak-anak kecil biasa memakan dengan ditaburi garam atau gula supaya menambah rame rasanya. Setelah makan duwet, lidah mereka berubah jadi biru keunguan. Ini yang membuat anak-anak kecil suka makan duwet. Konon, zat ungu dalam duwet sangat baik untuk kesehatan gigi.

Screenshot_2017-09-09-22-44-14-1

Banyak yang tidak tahu kalau buah satu ini ternyata kaya manfaat. Meskipun rasanya manis, tapi buah ini punya Indeks Glikemik Rendah yang mampu menurunkan kadar diabetes sehingga baik untuk penderita diabetes. Sementara untuk orang sehat, buah ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit jantung.

Jaman sekarang sangat susah menemukan buah duwet. Jangankan di pasar tradisional, di supermarket yang sangat lengkap sekalipun jarang sekali ada. Entah bagaimana, keberadaan buah duwet seolah hilang lenyap bagai misteri.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
1
Ngagetin
Keren Keren
2
Keren
Top Top
1
Top
Love Love
1
Love

Comments are closed.

Nostalgia dengan Duwet, Tanaman Era 90an yang Bikin Kangen Masa Kecil

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in